Peristiwa

Pemko Medan Apresiasi Seminar Tata Kota Islami dari MUI Medan


Pemko Medan Apresiasi Seminar Tata Kota Islami dari MUI Medan
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Pemerintah Kota (Pemko) Medan mengapresiasi digelarnya seminar Tata Kota Islami bertemakan Menatap Medan Islami City. Seminar yang digelar Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan ini diharapkan menghasilkan gagasan guna terus mewujudkan visinya Kota Medan menjadi kota multikultural, humanis, berdaya saing, sejahtera dan religius.
 
Demikian disampaikan Plt Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi, diwakili Kabag Agama Medan Adlan SPd, ketika membuka Seminar Tata Kota Islami yang berlangsung di Aula Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan, Jalan Nusantara, Sabtu (02/11/2019).
 
Dilansir dari Pemkomedan.go.id, Sabtu (02/11/2019) hadir dalam seminar tersebut Ketua MUI Kota Medan, diwakili Sekretaris Umum MUI Kota Medan Syukri Albani, pengurus MUI Kota Medan dan para peserta Seminar.
 
Dikatakan, Adlan dalam sambutan Plt Wali Kota Medan bahwa pengimplentasian nilai-nilai Islami di Kota Medan dapat dilakukan dengan santun dan tetap memikirkan hak setiap umat beragama lain yang mendiami Kota Medan. Sebab, Kota Medan terdiri dari berbagai suku, agama dan budaya yang mewarnai, sehingga butuh kehatian-hatian dalam penerapannya agar tidak menumbulkan persepsi yang berbeda di tengah-tengah masyarakat.
 
"Kota Medan merupakan kota yang multikultural. Oleh sebab itu, hal yang harus diperhatikan dalam menata kota Islami jangan mengesampingkan hak dan kewajiban umat agama lain. Karenanya selama ini Kota Medan terus menjunjung tinggi nilai toleransi dan tenggang rasa, seperti prinsip agama Islam yang rahmatan lil alamin (agama yang merangkul dan mengayomi semua pihak)," kata Kabag Agama.
 
Selanjutnya Adlan berharap, hasil seminar ini dapat menjadi masukan bagi Pemko Medan dalam menata kota menjadi lebih baik, karena ibu Kota Provinsi Sumut ini dikenal sebagai kota yang multikultural, humanis, berdaya saing, sejahtera dan religius.
 
Sebelumnya, Sekretaris Umum MUI Kota Medan Syukri Albani menjelaskan bahwa seminar ini bertujuan untuk berdiskusi dan bertukar pikiran terkait implementasi nilai-nilai agama Islam di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, khususnya bagi umat Islam di Kota Medan. (BS09)

Tag:MUI MedanPemko MedanTata KotaIslami