Peristiwa

Pemkab Tobasa Serahkan Bantuan Usaha Ekonomi Produktif bagi Lansia


Pemkab Tobasa Serahkan Bantuan Usaha Ekonomi Produktif bagi Lansia
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Guna menggali dan mengembangkan kemampuan usaha produktivitas kerja para lansia, Pemkab Toba Samosir (Tobasa) memberi bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP). Bantuan ini diserahkan dalam acara Penyerahan Bantuan Alat-alat Pertanian Bagi Lanjut Usia Produktif Kegiatan Peningkatan Kualitas Pelayanan, sarana dan Prasarana Rehabilitasi Kesejahteraan Bagi PKMS di Sekolah Pendidikan Non formal Sanggar Kegiatan Belajar (SPNF SKB) Tobasa, pertengahan pekan kemarin.
 
Wakil Bupati Toba Samosir Hulman Sitorus mengungkapkan, sesuai data yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Tobasa tahun 2017, populasi lansia semakin meningkat jumlahnya dari waktu ke waktu. Jumlah lansia di Kabupaten Tobasa sebanyak 20.792 orang."Kondisi ini akan berimplikasi terhadap pemenuhan hak-hak dasar lanjut usia," ujar Hulman dilansir dari laman tobasamosirkab.go.id, Minggu (13/05/2018).
 
Kepala Dinas Sosial Tobasa dr Rajaipan Sinurat menyebutkan bahwa tujuan dari penyerahan bantuan ini secara khusus mendorong lansia untuk hidup sehat, kreatif, mengekspresikan diri serta mampu untuk memenuhi kebutuhannya sehingga taraf kesejahteraan sosial para lansia dapat meningkat.
 
"Sasaran Pemberian bantuan oleh Pemkab Tobasa melalui Dinas Sosial ini adalah para lansia 60 tahun ke atas. Bantuan juga diberikan kepada lansia kurang mampu tetapi secara fisik dan psikis masih potensial dan kreatif. Tidak hanya itu, bantuan ini juga akan diserahkan kepada lansia yang masih memiliki keinginan dan kemapuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya," jelas Sinurat.
 
Pemkab Tobasa berharap dengan adanya bantuan ini para lansia dapat memanfaatkan bantuan yang telah diserahkan dan dapat mempertanggungjawabkannya sehingga lansia di Tobasa semakin produktif dan kreatif serta mampu memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari dan dapat meningkatkan taraf kesejahteraan sosialnya.(BS02)
 

Tag:LansiaPemkab TobasaTobasa