Peristiwa

Pemkab Samosir Beri Bantuan Perahu dan Alat Tangkap kepada 15 KUB Nelayan di 5 Kecamatan


Pemkab Samosir Beri Bantuan Perahu dan Alat Tangkap kepada 15 KUB Nelayan di 5 Kecamatan
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir melalui Dinas Pertanian memberikan bantuan 40 unit perahu beserta alat tangkap kepada 15 Kelompok Usaha Bersama (KUB) Nelayan yang tersebar di 5 Kecamatan, yaitu Kecamatan Palipi, Kecamatan Onan Runggu, Kecamatan Simanindo, Kecamatan Sianjur Mula-mula dan Kecamatan Sitio-tio. Penyerahan perahu ini dilakukan di Aula Kantor Camat Onan Runggu.
 
Kadis Pertanian Victor Sitinjak dalam laporan kegiatan menyampaikan tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan produksi perikanan tangkap yang kemudian berdampak pada peningkatan penghasilan nelayan di Kabupaten Samosir. Penerima bantuan perahu tangkap beserta alat-alatnya ini adalah KUB yang telah memiliki akta notaris pengukuhan kelompok yang terdaftar di Dinas Pertanian Kabupaten Samosir dan telah memberikan proposal permohonan bantuan sebagaimana telah ditetapkan oleh Surat Kepala Dinas No.267 Tahun 2019 tentang Penetapan Kelompok Usaha Bersama. 
 
"Adapun sumber dana bantuan ini berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Kelautan dan Perikanan TA 2019," ujar Victor seperti dilansir dari laman samosirkab.go.id, Minggu (06/10/2019).
 
Bupati Samosir Rapidin Simbolon yang hadir dalam penyerahan bantuan ini berharap dengan pemberian perahu dan alat tangkap ini dapat memberi semangat baru bagi para nelayan dalam memenuhi kebutuhan keluarga dan mendorong para nelayan mengembangkan profesi sebagai nelayan ikan tangkap yang berujung pada meningkatnya sumber pendapatan sekaligus meningkatkan kesehjateraan keluarga nelayan.
 
Lebih lanjut Bupati menyampaikan bahwa program bantuan ini sudah dilaksanakan dari tahun sebelumnya dan akan dilakukan secara berkelanjutan."Keseluruhan bantuan yang diberikan kepada 15 Kelompok Nelayan ini adalah 40 unit perahu, 40 unit mesin tempel, 400 plastik jaring insang, 40 kg kawat pemberat, 40 lembar pelampung, 1200 ikat tali ris dan 40 buah dayung," sebut Bupati.
 
Hadir dalam penyerahan bantuan ini, Kadis Perhubungan Nurdin Siahaan, Camat Onan Runggu Junita Sinaga, Camat Palipi Darwin Parhusip, Camat Sianjur Mula-mula Rudi HJ Sitorus, dan perwakilan KUB Nelayan.(BS09)
 

Tag:danau tobaNelayanSamosir