Peristiwa

Pemkab Pakpak Bharat Laksanakan Rapat Kerjasama Operasional BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Sumbagut

Pemkab Pakpak Bharat Laksanakan Rapat Kerjasama Operasional BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Sumbagut
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Undang-undang No.24 Tahun 2011 Pasal 11 menyatakan bahwa setiap orang, termasuk orang asing yang bekerja paling singkat 6 bulan di Indonesia, wajib menjadi peserta program jaminan sosial. 
 
Hal ini yang menjadi acuan dasar BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Ketenagakerjaan yang merupakan program publik dalam memberikan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi risiko sosial ekonomi tertentu dan peyelenggaraannya menggunakan mekanisme asuransi sosial serta pesertanya tidak hanya pekerja umum namun juga terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN), Pejabat Negara, TNI/Polri, tenaga honorer dan pekerja harian lepas lainnya yang mekanisme penggajiannya telah di atur secara akuntabel oleh instansinya.
 
Berkaitan dengan hal di atas, BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sumbagut Kantor Cabang Pembantu Kabupaten Karo dan Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat berencana menjalin kerjasama dalam rangka mendaftarkan seluruh pejabat negara dari mulai Bupati/Wakil Bupati, Ketua/Wakil Ketua DPRD, Kepala Desa, Aparatur Desa, ASN, dan Honorer di Kabupaten Pakpak Bharat agar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. 
 
Rencana ini tertuang dalam rapat kerjasama Operasional (KSO) di Bale Sada Arih, Kompleks Perkantoran Panorama Indah Sindeka, Salak, pertengahan pekan kemarin, yang dihadiri Sekretaris Daerah, Sahat Banurea didampingi oleh Ka. Dinas Pendidikan Mester Padang, Ka. Dinas KP2T-PM Drs. Losmar Berutu, Asisten Administrasi dan Pembangunan Supardi Padang.
 
Dari unsur BPJS hadir Deputi direktur BPJS Ketenagakerjaan Sumbagut yang diwakili oleh Asisten Deputi Keuangan Rakesh Sitepu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Medan Kota yang diwakili oleh Kepala Bidang BPU, Inggrid Mayasari Ginting, dan Kepala BPJS kantor wilayah Karo, Sanco Manullang. Tampak hadir juga Kepala Kejaksaan Negeri Dairi yang diwakili oleh Kasi Datun, Zulkarnain Harahap.
 
Bupati Pakpak Bharat, Dr Remigo Yolando Berutu melalui Sekda mengungkapkan bahwa program BPJS Ketenagakerjaan ini sangat didukung oleh pemerintah."Oleh karena banyaknya manfaat yang diperoleh bagi pesertanya. Seluruh aspek yang bakal menjadi peserta BPJS agar didaftarkan secepat mungkin," jelasnya dilansir dari laman pakpakbharatkab.go.id, Minggu (11/11/2018). (BS09)