Senin, 27 Januari 2020
  • Home
  • Peristiwa
  • Pemkab Dairi Rapat Bahas Batas Daerah Antara Aceh dengan Kabupaten Dairi

Pemkab Dairi Rapat Bahas Batas Daerah Antara Aceh dengan Kabupaten Dairi

Minggu, 19 Mei 2019 13:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dairi mengadakan rapat dengan agenda membahas batas daerah antara Provinsi Aceh tepatnya Kota Subulussalam dengan Kabupaten Dairi. Rapat tersebut dipimpin Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Dairi Yon Henrik AP MSi yang dihadiri oleh Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Dairi Drs Rasmon Sinamo MAP, Camat dan Kepala Desa Kabupaten Dairi.
 
Dalam sambutannya, Yon Henrik mengatakan rapat ini adalah untuk menindaklanjuti langsung hasil pertemuan Rapat Koordinasi Pusat dan Daerah dalam rangka Pembahasan dan Harmonisasi Draft Permendagri Wilayah 1 yang berlangsung di Jakarta.Dia mengatakan Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan telah memberikan Draft Permendagri dan Peta Batas Daerah kepada Tim Penegasan Batas Daerah (PBD) Kabupaten/Kota yang berbatasan di Aceh dan Provinsi Sumut untuk dibahas dengan Tim PBD Kabupaten/Kota.
 
"Untuk itu yang kami undang dalam rapat in adalah para Kepala Desa Yang wilayahnya langsung berbatasan dengan Kota Sumbulus salam," ujar Yon seperti dilansir dari laman dairikab.go.id, Minggu (19/05/2019).
 
Sementara itu, Kepala BPN Kabupaten Dairi Rasmon dalam kesempatan tersebut mengungkapkan dalam melakukan pengukuran batas daerah tentunya Pemkab Dairi harus memiliki acuan berupa peta dasar dan peta administrasi yang harus dipenuhi dan dilengkapi. Selain itu, Kepala BPN mengatakan Pemkab Dairi dengan Provinsi Aceh sudah harus memiliki kesepakatan-kesepakatan yang akan ditempuh bersama baik dari masyarakat Adat maupun pemerintah yang terkait dengan batas wilayah tersebut. 
 
"Langkah selanjutnya adalah melakukan pelacakan langsung di lapangan dengan membuat daftar titik koordinat yang akan dilacak dan sekaligus memasang tugu batas sebagai acuan untuk pembentukan peta yang akan menjadi acuan untuk penetapan batas tersebut," terang Rasmon.
 
Dari hasil pertemuan tersebut dihasilkan beberapa kesimpulan di antaranya adalah Tim PBD akan melakukan cek lapangan langsung tentang titik koordinat batas daerah dengan melibatkan pemerintahan desa. Untuk jadwal pengecekan, Kepala Bagian Tata Pemerintahan akan segera menyusun jadwalnya dan direncanakan setelah selesai bulan puasa, seluruh tim akan terjun langsung ke lapangan untuk melakukan pengecekan titik koordinat.(BS09)
 
T#g:Acehdairi
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • kemarin

    Bupati Dairi Minta RSUD Sidikalang Lakukan Pembenahan Manajemen, SOP Hingga SDM

    Beritasumut.com-Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu menggelar pertemuan dengan Plt Direktur RSUD Sidikalang Charles Bancin, Kadis Kominfo Dairi

  • 5 hari lalu

    Simeulue Diguncang Gempa, Tidak Berpotensi Tsunami

    Beritasumut.com- Wilayah Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh kembali diguncang oleh gempabumi tektonik, Rabu (22/01/2020) sekitar pukul 10.58.45 WIB.

  • 6 hari lalu

    Selama 4 Hari, Guru PAI di Aceh Ikuti Teknis Pengelolaan Perpustakaan

    Beritasumut.com–Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Besar bersama Prodi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Ac

  • satu minggu lalu

    Bupati Dairi: Pasokan Listrik yang Handal Menunjang Iklim Investasi di Kabupaten Dairi

    Beriasumut.com-Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menghadiri Penandatanganan Perjanjian Commercial Operation Date (COD) antara PT PLN Persero

  • satu minggu lalu

    Banda Aceh Diguncang Gempabumi

    Beritasumut.com-Wilayah Banda Aceh diguncang gempabumi tektonik, Sabtu (18/01/2020) sekitar pukul 08.55.29 WIB. Berdasarkan hasil analisa BMKG menu

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.