Peristiwa

Pemkab Asahan Sembelih 107 Ekor Hewan Kurban


Pemkab Asahan Sembelih 107 Ekor Hewan Kurban
beritasumut.com/ist

Beritasumut.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan di hari raya Idul Adha melakukan penyembelihan hewan kurban sebanyak 107 ekor, yang terdiri dari 89 sapi, 13 kambing dan 5 domba yang dilaksanakan secara terpusat di lapangan Hoki Kisaran, Senin (12/09/2016).

Sebelumnya, ribuan kaum muslimin menggelar pelaksanaan shalat Idul Adha yang digelar di mesjid Agung Ahmad Bakrie Kisaran, setelahnya sekitar pukul 10.00 WIB Pemkab Asahan langsung melaksanakan penyembelihan yang dikumpulkan dari bagian sekretariat Pemkab Asahan serta satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

Kepala Bagian Humas Setdakab Asahan, Ajim Manik SE mengatakan bahwa daging kurban ini dibagikan kepada warga Kota Kisaran dan sekitarnya. "Ada sebanyak tujuh ribu lebih kupon dibagikan kepada masyarakat," ujarnya.

Dari puluhan hewan kurban tersebut tercatat Bupati Asahan, Drs H Taufan Gama Simatupang MAP memberikan satu ekor hewan kurban, begitu juga dengan wakil Bupati Asahan, H Surya Bsc, Plt Setda juga turut memberikan hewan kurbanya dan disusul oleh masing-masing SKPD, kepala bagian dan kepala kantor.

Sementara itu, dalam sambutan Bupati Asahan yang dibacakan oleh Wakil Bupati Asahan, H Surya Bsc menjelaskan bahwa setiap yang diciptakan dan diperintahkan oleh Allah SWT, pasti mempunyai maksud dan tujuan, baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain.

Disamping itu sebagai bukti ketaatan terhadap Allah SWT. Ibadah kurban bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT yang dilandasi keimanan dan keikhlasan, sehingga membawa dampak pada kesadaran yang tulus dan mencari keridhaan Nya.

"Dalam ibadah kurban ada beberapa hikmah yang dapat diambil, diantaranya adalah membentuk keluarga dan rumah tangga yang dimuliakan Allah SWT, memperkokoh hubungan seseorang yang melaksanakan ibadah kurban dengan ajarannya, memperkokoh rasa solidaritas dengan sesama muslim dan ibadah kurban juga dapat mendidik serta meningkatkan rasa syukur. Kurban tersebut juga merupakan rasa kepedulian Pemkab kepada masyarakat Asahan," ujarnya.(rel)


Tag: