Kamis, 14 November 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Pemerintah Arab Saudi Turunkan Biaya Visa Progressif Umrah dan Haji, Kini Hanya 300 Riyal

Pemerintah Arab Saudi Turunkan Biaya Visa Progressif Umrah dan Haji, Kini Hanya 300 Riyal

Senin, 09 September 2019 22:10:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan kebijakan baru terkait biaya visa progressif. Konsul Haji Kantor Urusan Haji (KUH) KJRI di Jeddah, Endang Djumali mengatakan, biaya visa progressif akan dikurangi. 
 
"Arab Saudi memberlakukan visa progressif bagi jemaah umrah sejak 2016. Artinya, ada biaya tambahan yang harus dibayar oleh jemaah yang akan berumrah untuk kedua kalinya atau lebih di tahun yang sama. Sementara untuk haji, visa progressif diberlakukan bagi jemaah yang sudah pernah berhaji dan ingin menunaikannya kembali. Visa progressif haji baru diberlakukan sejak 2018. Adapun biaya visa yang ditetapkan saat itu adalah SAR2000 atau setara Rp7,6juta," ungkap Konsul Haji Kantor Urusan Haji (KUH) KJRI di Jeddah, Endang Djumali, dilansir dari Kemenag.go.id, Senin (09/09/2019).
 
Endang Djumali mengatakan, pihak Kementerian Haji Arab Saudi telah mengajukan peninjuan ulang atas kebijakan ini, bukan mengajukan pembatalan. Terkait informasi ini, Endang mengaku sudah berkomunikasi dengan sejumlah pihak, yaitu: Sekretaris pribadi Menteri Haji Arab Saudi Majid al Moumeni, penanggungjawab E-Hajj Mr Farid Mandar, dan Humas Kementerian Haji Dan Umrah Saudi.
 
"Keputusan terbaru adalah pengurangan nominal visa progressif dari 2000 riyal menjadi 300 riyal bagi mereka yang mengulangi atau berulangkali umrah. Begitu juga dengan visa haji, nominalnya menjadi 300 riyal," katanya lagi.
 
Endang menyambut baik kebijakan baru ini. Menurutnya, hal itu akan meringankan jemaah dan sesuai visi 2030 Saudi itu sendiri. "Adapun jemaah yang dikenakan visa progresif tersebut didasarkan pada data e-Hajj yang dikeluarkan oleh Arab Saudi," pungkasnya. (BS09)
T#g:KUH JeddahKemenag Riongkos hajiPemerintah ArabSaudiUmrah HajiVisa Progressif
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 15 jam lalu

    Wamenag Zainud Tauhid Harap Polemik Ucapan Salam Dihentikan

    Beritasumut,com-Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi berharap, semua pihak menghentikan perdebatan masalah ucapan salam. Wamenag

  • satu minggu lalu

    Kemenag Tarik Peredaran Buku Aqidah Akhlak Terbitan Gema Nusa

    Beritasumut.com-Buku Kerja Siswa (BKS) “An-Najah” untuk siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah, Mata Pelajaran Aqidah Akhlak, terbitan CV.

  • 2 minggu lalu

    Kemenag RI Bahas Penanganan Kasus Haji Khusus

    Beritasumut.com-Ada saja persoalan atau kasus yang terjadi dalam penyelenggaraan ibadah haji khusus. Hal ini meniscayakan pengawasan yang fokus dan

  • 2 minggu lalu

    Grand Final Kompetisi Robotik Madrasah 2019, 150 Tim Lolos Seleksi

    Beritasumut.com-Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah telah menyelesaikan seleksi pendaftar Kompetisi Robotik Madra

  • 3 minggu lalu

    Sambut Kehadiran Wamenag Zainut Tauhid, Fachrul Razi: Siapapun Yang Datang, Kita Berbagi Tugas

    Beritasumut.com-Presiden Joko Widodo telah melantik 12 wakil menteri di Istana Merdeka, Jumat (25/10/2019) siang pukul 14.00 WIB. Salah satu posisi

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.