Peristiwa

Pemerintah Akan Tanam 7700 Pohon di Huta Ginjang Muara


Pemerintah Akan Tanam 7700 Pohon di Huta Ginjang Muara
Beritasumut.com/Ist
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehuta

Beritasumut.com-Pemerintah merencanakan menanam sebanyak 7.700 bibit pohon di Huta Ginjang, Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, bersamaan dengan kunjungan Wakil Presiden Jusuf Kalla ke wilayah Danau Toba pada 29-30 Juli mendatang.

"Penanaman pohon ini dalam rangka pelestarian lingkungan yang hasilnya juga akan dirasakan masyarakat," ujar Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dalam rapat persiapan kunjungan Wapres tersebut bertempat di Ruang Rimbawan 1 Gedung Wanabhakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI di Jakarta, Senin (21/06/2016) kemarin.

Siti melanjutkan, dalam kesempatan tersebut Wapres Jusuf Kalla juga akan berdialog dengan masyarakat sekitar terkait keadaan lingkungan hidup mereka. Selain itu, Menteri LHK akan memberikan data-data dan permasalahan alam di sekitar Danau Toba kepada Wapres.

Rencana ini disambut baik oleh Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan. Menurut Bupati yang didampingi Sekda Taput Edward Tampubolon,SE dan Kadis Kehutanan Taput Benhur Simamora, kegiatan tersebut sejalan dengan kebijakan penghentian eksploitasi kayu yang telah dikeluarkan.

"Saat ini kami fokus ke penghijauan," kata Bupati sembari berharap kedatangan Wapres ke Huta Ginjang juga dapat mempercepat perbaikan infrastruktur, terutama jalan, di daerah tersebut.

Dilansir dari laman resmi taputkab.go.id, kegiatan penanaman 7.700 pohon di Taput diperkirakan akan dihadiri oleh setidaknya 1.000 peserta. Acara dipimpin oleh Wapres Jusuf Kalla, didampingi Menteri LHK dan beberapa Menteri Kabinet Kerja beserta Panglima TNI.

Kementerian LHK sendiri melalui Direktur Jenderal Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (PDASHL) sudah meninjau lokasi penanaman, yang berada hutan lindung Huta Ginjang dengan luas sekitar kurang lebih 15 hektar, pada 14-15 Mei 2016.

Kunjungan Wakil Presiden Jusuf Kalla ke beberapa kabupaten yang ada di sekitar Danau Toba, selain menanam pohon, juga akan melakukan penaburan bibit ikan ke Danau Toba di Parapat sebagai aksi pemulihan Ekosistem Danau Toba, dan menghadiri musyawarah adat dan dialog mengenai infrastruktur bertempat Hotel Niagara, Parapat yang diperkirakan akan dihadiri masyarakat sebanyak 7.000 orang.

Untuk mendukung kunjungan Wapres ke Taput ini, Bupati Drs Nikson Nababan sangat mengharapkan Menteri PU dan Perumahan Rakyat membantu di dalam pembenahan jalan berupa pembuatan jalan aspal hotmix sepanjang 3 km menuju lokasi penanaman yang kondisinya saat ini sudah sangat rusak, yaitu Jalan Huta Ginjang menuju Lokasi Gantole.(BS02)

 


Tag: