Sabtu, 22 Februari 2020
  • Home
  • Peristiwa
  • Patrialis Kena OTT, NasDem: Kualifikasi Hakim MK Tidak Sampai

Patrialis Kena OTT, NasDem: Kualifikasi Hakim MK Tidak Sampai

Kamis, 26 Januari 2017 23:20:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi NasDem Taufiqulhadi.
Beritasumut.com-KPK melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Patrialis Akbar.Terkait hal tersebut, anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi NasDem Taufiqulhadi menyoroti persoalan integritas hakim MK yang menurutnya telah merusak kewibawaan lembaga peradilan di Indonesia ini. Taufiq sangat menyesalkan peristiwa rasuah yang kembali menimpa lembaga tinggi peradilan.
 
“Saya menyesalkan hal ini terjadi terhadap seorang hakim di lembaga hukum yang paling penting. Kita mengetehaui bahwa Mahkamah Konstitusi adalah keputusan hukumnya final dan mengikat,” ujarnya saat di temui di lantai 22 Kompleks Parlemen, Kamis (26/01/2017).
 
Taufiq menuturkan, lembaga yang sedemikian hebatnya seperti MK, hakimnya tertimpa kasus OTT korupsi. Ini membuktikan adanya ketidakseimbangan antara ‘kesucian’ lembaga dengan orang yang mengisinya.“Itu saya sesalkan, saya memberikan apresiasi terhadap KPK. Kasus ini akan memberikan harapan bagi kita ke depan, karena keputusan-keputusan MK itu, tidak menginjak bumi,” tegasnya.
 
Dari informasi yang dihimpun, Patrialis diduga menerima sejumlah uang terkait dengan uji materi suatu undang-undang. Namun belum terang benar uji materi undang-undang apa yang 'diperdagangkan' Patrialis.
 
Informasi tersebut semakin meyakinkan legislator NasDem ini bahwa keputusan MK selama ini tidak lepas dari muatan subjektif politik para hakimnya. Dia memberikan gambaran, misalnya, gara-gara keputusan MK, koruptor makin sulit di proses hukum.
 
"Jadi saya melihat kualifikasi hakim MK itu tidak sampai. Kan harusnya orang-orang yang memiliki kapasitas kenegarawanan. Tidak ada kepentingan pribadi yang banyak. Tapi sekarang ternyata seperti itu. Ini orang-orang latar belakangnya partai politik semua,” ungkapnya.
 
Oleh karena itu Taufiq berharap, “Agar benar-benar hakim MK ini jauhlah dari (kecenderungan jadi) jobseekers. Kamudian jauh dari mereka-mereka yang masih punya ambisi politik dan yang masih berafiliasi dengan partai politik. Karena yang di tangkap sekarang itu, latar belakang mereka dari partai politik,” pungkasnya. (Rel)
T#g:HakimKPKMKOTTPatrialis Akbarpunglianggota Komisi III DPR RI dari Fraksi NasDem Taufiqulhadi
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 20 jam lalu

    Plt Wali Kota Medan Minta Seluruh OPD Persiapkan Maksimal Stand Pemko Medan di Sumut Fair

    Beritasumut.com-Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi menginginkan seluruh OPD di lingkungan Pemko Medan agar maksimal me

  • 24 jam lalu

    Dua Tahun Over Target PAD RMT, Pemerintah Aceh Tamiang Studi Banding ke Diskominfo Langkat

    Beritasumut.com-Laksanakan Intruksi Bupati Langkat Terbit Rencana PA untuk menggali potensi PAD maupun PBB, demi kemajuan dan kesejahteraan masyara

  • 2 hari lalu

    SMP Negeri 7 Medan Menuju Sekolah Adiwiyata, Ini Pesan Akhyar Nasution

    Beritasumut.com-Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi, mendorong terus SMP Negeri 7 Medan untuk menuju Sekolah Adiwiyata.

  • 2 hari lalu

    Plt Wali Kota Medan Apresiasi Seminar Balai Bahasa Sumut, Bertema Bahasa dan Sepeda Bangsa

    Beritasumut.com-Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi, mengatakan masyarakat Medan harus terus mengembangkan kebanggaan t

  • 2 hari lalu

    Walikota Pematangsiantar Serahkan Laporan Keuangan Unaudited 2019 ke BPK RI Lebih Cepat

    Beritasumut.com-Laporan keuangan Pemerintah Kota Pematangsiantar unaudited (belum diaudit) tahun anggaran 2019, diserahkan lebih cepat dari tahun s

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.