Peristiwa

Pasca Banjir Warga Mulai Bersihkan Rumah

Pasca Banjir Warga Mulai Bersihkan Rumah
BERITASUMUT.COM/BS08
Beritasumut.com-Hujan deras yang mengguyur kota Medan tadi malam, mengakibatkan banjir di sebagian besar wilayah. Hari ini, Sabtu (02/12/2017), sebagian warga tampak bersih-bersih menguras air yang merendam rumah mereka. Seperti yang tampak di Jalan Alumunium I, Pulo Brayan Bengkel, Kecamatan Medan Timur. Hingga pagi, air terlihat mulai surut, namun masih terdapat genangan air di sebagian jalanan setinggi 20 cm.
 
Salah seorang warga yang menjadi korban banjir, Rusli mengungkapkan, banjir tersebut dikarenakan saluran drainase yang tidak bekerja, sehingga tidak dapat menampung air saat hujan deras turun. “Saya kira ini karena drainasenya tidak efektif, dengan ukuran yang kecil seperti itu manalah sanggup menampung air yang datang dari atas sana. Efeknya pas hujan deras begini, meluaplah air itu menjadi banjir yang masuk ke rumah-rumah warga,” ungkapnya.
 
Rusli memaparkan, saat ini lantai rumah warga juga masih banyak yang digenangi air, sehingga warga harus menguras agar dapat membersihkan rumah mereka. "Karena banjirnya datang mendadak, jadi barang-barang tak sempat dipindahkan ke tempat yang lebih tinggi. Beruntung hari ini cuaca cerah, sehingga barang-barang tersebut bisa jemur di depan rumah," sambungnya.
 
Diakui Rusli, sebelumnya warga sudah berusaha untuk melakukan pembersihan terhadap drainase yang ada. "Namun sampah dari drainase tersebut ditumpuk begitu karena tidak ada tempat yang disediakan pemerintah setempat untuk membuang sampah tersebut. Sehingga tak sedikit sampah yang kembali masuk ke selokan," jelasnya.
 
Selain banjir merendam rumah warga di jalan Alumunium I, daerah lainnya seperti Jalan Krakatau, Jalan Cemara Gang Tusam, Gang Kweni, Gang Cendana, Gang Waringin dan beberapa wilayah lainnya di Kota Medan juga terkena dampaknya. (BS08)