Peristiwa

Pantauan BMKG, Ada Empat Titik Panas di Sumut


Pantauan BMKG, Ada Empat Titik Panas di Sumut
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan sebanyak empat titik panas kembali terpantau di Provinsi Sumatera Utara (Sumut).
 
Berdasarkan hasil pantauan Sensor MODIS (Satelit Terra dan Aqua) pada tanggal 2 September 2018, keempat titik panas itu memiliki tingkat kepercayaan diatas 50%.
 
"Saat ini terdapat sebanyak empat titik panas," ungkap Kepala Bidang Data dan Informasi Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan Syahnan kepada wartawan, Minggu (02/09/2018).
 
Syahnan menjelaskan, adapun titik-titik panas tersebut masing-masing berlokasi di Kecamatan Kota Buluh Kabupaten Karo satu titik, Kecamatan NA IX-X Kabupaten Labuhan Batu Utara (Labura) dua titik, dan Kecamatan Sipahutar Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) satu titik.
 
"Untuk di Karo tingkat kepercayaannya 63%, kemudian di Labura 82% dan 75%, dan di Taput 64%," jelasnya.
 
Sementara itu, terang dia, berdasarkan pantauan Satelit Terra, Aqua dan Suomi NPP pada tanggal 1 September 2018, peta sebaran titik panas di Indonesia tercatat ada sebanyak 93 titik. Jumlah terbanyak terdapat di Kalimantan, dengan jumlah sebanyak 77 titik.
 
"Untuk di Sumatera sendiri ada 10 titik, dan Jawa hanya sebanyak 6 titik," pungkasnya.(BS06)

Tag:Cuaca ekstrimkebakaran hutantitik panas