Senin, 17 Februari 2020
  • Home
  • Peristiwa
  • Panglima TNI: TMMD Merupakan Bakti TNI Terpadu dan Lintas Sektoral

Panglima TNI: TMMD Merupakan Bakti TNI Terpadu dan Lintas Sektoral

Kamis, 08 Agustus 2019 16:00:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan bakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral bersama Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Pemda, dan masyarakat sebagai upaya mendukung program Pemerintah dalam percepatan pembangunan nasional.
 
Hal tersebut disampaikan Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto SIP pada upacara penutupan TMMD ke-105 Kodim 0901/Samarinda TA 2019 di Desa Lok Bahu, Kecamatan Sungai Kunjung, Samarinda, Kalimantan Timur, Kamis (08/08/2019).
 
Panglima TNI mengatakan bahwa program TMMD dilaksanakan melalui proses perencanaan yang mengutamakan aspirasi dan kepentingan masyarakat dengan melibatkan semua unsur yang terkait, dan dimulai dari tingkat Desa/Kelurahan. “Sasaran-sasaran yang telah terpilih berdasarkan skala prioritas, diteliti dan dipadukan dengan program Pemerintah Daerah, kemudian dibahas di Forum DPRD untuk disahkan menjadi program TMMD,” ujarnya.
 
“Perlu dipahami bahwa TNI Manunggal Membangun Desa sudah berjalan selama 39 tahun, pertama kali diawali pada tahun 1980 yang digagas oleh Jenderal M Jusuf dengan sebutan ABRI Masuk Desa (AMD),” katanya.
 
Selanjutnya dijelaskan bahwa dalam pelaksanaannya, TMMD sampai dengan saat ini telah membangun jalan sepanjang kurang lebih 24.391.653 meter, pembuatan parit/irigasi/siring sepanjang kurang lebih 3.572.223 meter dan 7.418 unit jembatan.  Selain itu telah dibangun/direhab 35.166 unit rumah, dipasang 1.209.002 meter pipa air bersih, dibangun 8.162 unit sarana ibadah, 7.786 unit gedung sekolah dan pemasangan jaringan listrik di 15.484 lokasi.
 
“Adapun pembangunan non fisik yang dilaksanakan berupa penyuluhan/sosialisasi dalam berbagai hal terkait kebutuhan masyarakat serta kehidupan berbangsa dan bernegara,” ucap Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.
 
Panglima TNI berharap dengan telah selesainya TMMD ke-105, semua tentunya berharap hasil yang telah dicapai dapat membantu dan meningkatkan kesejahteraan rakyat. “Apa yang telah dibangun bersama hendaknya dapat dimanfaatkan dan dinikmati oleh masyarakat dalam jangka panjang,” ujarnya.
 
Pada kesempatan ini, selaku Panglima TNI dan atas nama seluruh prajurit TNI, “Saya mengucapkan terima kasih kepada para Pejabat Daerah, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat serta rekan-rekan Media Cetak dan Dlektronik atas dukungan, bantuan, dan partisipasinya,” ucapnya.
 
“Apresiasi juga saya sampaikan lintas Kementerian dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian serta Polri. Berkat kerja sama dan sinergi semua komponen bangsa, TNI Manunggal Membangun Desa ke-105 TA 2019 dapat terlaksana dengan baik,” tutupnya.(rel)
T#g:Mabes TNITMMDTNI
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 6 jam lalu

    Mobil Masuk Jurang di Jalan Trans Papua, Satgas Yonif 411 Kostrad Bantu Evakuasi

    Beritasumut.com-Kesigapan Prajurit TNI kembali diperlihatkan oleh Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad saat membantu evakuasi mobil Double

  • 8 jam lalu

    Satgas Garuda TNI Bush Fire Assist TNI Buka Jalur Rel Kereta Zig Zag Railway di Lithgow NSW

    Beritasumut.com-Satuan Tugas (Satgas) Garuda TNI Bush Fire Assist  yang tergabung dalam Joint Task Force 1110 Australian Defence Forces (JTF 1

  • 12 jam lalu

    TNI AD dan PNGDF Gelar Patroli Patok Bersama di Perbatasan RI-PNG

    Beritasumut.com-Persahabatan dan kebersamaan pasukan tentara dari dua negara yang bertetangga diperlihatkan oleh TNI AD, dalam hal ini Satgas Pamta

  • kemarin

    Prajurit TNI Yonif 411 Kostrad Bantu Dinas Ketahanan Pangan Merauke Gelar Pasar Murah

    Beritasumut.com-Prajurit TNI dari Batalyon Infanteri Mekanis Raider 411/Pandawa (Yonif MR 411/Pdw) Kostrad yang tergabung dalam Satgas Pamtas RI-PN

  • 2 hari lalu

    UTP Asah Keterampilan dan Teknik Prajurit

    Beritasumut.com-Satuan dibawah pimpinan Letkol Arm Ronald F Siwabessy,Yonarmed 12/Divif 2 Kostrad Pagi ini melaksanakan kegiatan latihan Uji Teramp

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.