Peristiwa

Pangdam I/Bukit Barisan Lepas Satgas OPS Pamtas Darat RI-PNG Yonif 126/KC di Pelabuhan Belawan


Pangdam I/Bukit Barisan Lepas Satgas OPS Pamtas Darat RI-PNG Yonif 126/KC di Pelabuhan Belawan
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Satgas Ops Pamtas Darat RI–PNG Yonif 126/KC Tahun 2018, resmi dilepas oleh Panglima Kodam (Pangdam) I/Bukit Barisan Mayjen TNI Sabrar Fadhilah, dalam upacara pelepasan yang digelar di Pelabuhan Belawan, Medan, Senin (29/10/2018).
 
Direncanakan Yonif 126/KC akan bertugas selama 9 bulan kedepan akan melaksanakan Operasi Pengamanan Perbatasan (Ops Pamtas) wilayah darat RI–PNG, mencegah terjadinya pergeseran patok batas di wilayah perbatasan, membantu tugas dan fungsi instansi terkait Bidang Kamtibmas, Keimigrasian, Bea Cukai dan penanganan awal terhadap pelanggaran tindakan ilegal dan beberapa tugas lainnya.
 
“Sebagaimana dipahami, bahwa wilayah perbatasan merupakan beranda depan NKRI yang bernilai strategis bagi kedaulatan negara.Tugas pengamanan perbatasan darat negara yang akan kalian laksanakan, perlu kita pahami bersama, bahwa wilayah perbatasan merupakan daerah rawan, baik aksi kelompok kriminal bersenjata, pelanggaran lintas batas, penyeludupan maupun pergeseran batas wilayah," ujar Pangdam.
 
Lebih lanjut Pangdam menyampaikan, dengan perkembangan terakhir situasi keamanan di wilayah Papua, khususnya daerah perbatasan, masih sering terjadi aksi dari kelompok kriminal yang sangat mengganggu proses pembangunan dan peningkatan kesejahteraan di wilayah ke daulatan NKRI.
 
“Segera berdaptasi dan selalu waspada, kenali betul adat dan budaya serta karakter masyarakat setempat, karena hal ini penting dilakukan guna mendapatkan dukungan dari berbagai kalangan.Hindarkan diri dari perbuatan melanggar hukum dan adat setempat, apalagi yang berkaitan dengan pelanggaran HAM, karena setiap pelanggaran sekecil apapun, akan menjadi perhatian dan sorotan dunia Internasiona," ungkap Pangdam berpesan.
 
Turut hadir pada upacara pelepasan Kapolda Sumatera Utara Brigjen Agus Andrianto, Danlantamal I Belawan Laksamana Madya TNI Ali Triswanto, Pangkosek Lanud Suwondo, Kabinda Sumatera Utara, Danrem 022/PT Kolonel Inf R. Wahyu, Sugiarto, Gubernur Sumatera Utara diwakili, Kasdam l/BB Brigjen TNI Hassanudin, para Asisten Kasdam I/BB, Para kabalakdam I/BB dan para Dandim jajaran Korem 022/PT.(BS04)

Tag:OPS Pamtas Darat RI-PNG Yonif 126/KCPangdam I/Bukit BarisanPelabuhan BelawanTNI