Jumat, 22 November 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • PW Muhammadiyah Sumut Segera Miliki Gedung Dakwah Berbiaya Rp 69 Miliar

PW Muhammadiyah Sumut Segera Miliki Gedung Dakwah Berbiaya Rp 69 Miliar

Rabu, 18 April 2018 11:44:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/BS03
Beritasumut.com-Pembangunan Gedung Dakwah dan Masjid Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumut dipastikan mulai dikerjakan bulan ini. Proyek yang diperkirakan menelan anggaran sebesar Rp 68 miliar ini rencananya akan dilakukan peletakan batu pertama pembangunan pada Minggu 29 April 2018 mendatang dan dihadiri Ketua PP Muhammadiyah Prof H DR Haedar Nasir dan Gubernur Sumut T Erry Nuradi. 
 
Hal ini dikatakan Ketua Panitia Semarak Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Dakwah dan Masjid Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Utara, Muslim Simbolon kepada wartawan, Rabu (18/04/2018).
 
Dikatakan Muslim, selain peletakan batu pertama, kegiatan ini juga dirangkai dengan sejumlah kegiatan diantaranya Gerak Jalan Santai, pawai Taaruf,  Tablik Akbar dan Muzakarah pemberdayaan umat dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di Pelataran Parkir Taman Makam Pahlawan depan Gedung Dakwah PW Muhammadiyah Sumut Jalan Sisingamangaraja Medan. 
 
"Kegiatan ini diperkirakan akan diikuti ribuan masyarakat baik dari keluarga besar Muhammadiyah,  simpatisan maupun masyarakat umum," ujar Muslim Simbolon.
 
Lebih lanjut dikatakan Muslim, dalam kegiatan tersebut nantinya keluarga besar Muhammadiyah Sumut juga akan melepas tugas Gubernur Sumut Erry Nuradi yang akan berakhir masa tugasnya sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan atas jasanya selama mimpin Sumut. Selain itu akan Muhammadiyah juga akan memberikan 20 reward (penghargaan) kepada tokoh-tokoh diluar organisasi Muhammadiyah yang dianggap perduli dan berkontribusi untuk pengembangan dakwah. 
 
"Siapa-siapa tokohnya nanti saat penyerahan award masyarakat akan tahu," terang Muslim lagi. 
 
Dalam kesempatan tersebut Muslim juga menyampaikan bahwa organisasi Muhammadiyah yang telah berkontribusi besar untuk kemerdekaan Republik Indonesia ingin menegaskan kalau Muhammadiyah sangat berkepentingan menjaga keutuhan NKRI. Salah satu penegasan ini akan diaplikasikan dalam
 
Kegiatan Muzakarah pemberdayaan umat dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). "Muhammadiyah adalah perekat dan pemersatu bangsa ini," tegasnya.
 
Sementara itu Ketua Steering Komitte, Drs H Ibrahim Sakty Batubara mengatakan sebagai organisasi yang besar bahwa PW Muhammadiyah memerlukan Gedung Dakwah yang refresentatif dari yang saat ini dimiliki sudah berusia lebih dari 40 tahun. Selain itu juga, Gedung yang ada juga tidak memiliki tempat ibadah yang mampu menampung jemaah yang cukup besar. 
 
"Jadi kalau selama ini bunda-bunda kita saja agak kesulitan menaiki tangga yang cukup terjal untuk kelantai III aula pertemuan kita. Begitu juga tempat ibadah,  insyallah jika Masjid terbangun akan mampu menampung 2 sampai 3000 jemaah," ujar Ibrahim Sakty. 
 
Lebih lanjut dikatakan Ibrahim Sakty bahwa pihak berkeyakinan pembangunan sudah dapat dimulai karena besarnya antusias dari berbagai kalangan dan masyarakat. Termasuk juga pemerintah Provinsi Sumut dan Pemko Medan,  beserta BUMD dan BUMN yang rela berkontribusi agar gedung yang direncakan lantai VII segera berdiri. 
 
"Insyallah kita berkeyakinan sebelum berakhir kepengurusan PW Muhammadiyah Sumut periode 2015-2020 gedung dakwah ini sudah selesai. Dan kami sangat berterimakasih atas dukungan masyarakat, termasuk Pemprovsu yang nghibahkan dana sebesar Rp10 miliar," pungkasnya.(BS03)
T#g:gedung dakwahmesjid muhammadiyahMuhammadiyah
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 3 minggu lalu

    Kapolrestabes Medan Silaturahim dengan Pimpinan Muhammadiyah Kota Medan

    Beritasumut.com-Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr Dadang Hartanto menegaskan, Polrestabes Medan kembali berinisiatif untuk mengembangkan ketahan ma

  • 2 bulan lalu

    Terima Pengurus Pemuda Muhammadiyah, Musa Rajekshah: Ayo Ikut Bantu Bangun Sumut

    Beritasumut.com–Untuk membangun Sumatera Utara (Sumut) menjadi provinsi yang maju, aman dan bermartabat dibutuhkan keterlibatan semua kalanga

  • 3 bulan lalu

    Sambangi BPJPH, Muhammadiyah Siap Berperan sebagai Lembaga Pengawas Halal

    Beritasumut.com-Direktur Utama Lembaga Pemeriksa Halal dan Kajian Halal Thoyyiban (LPH-KHT) PP Muhammadiyah, Nadratuzzaman Hosen menyatakan pihakny

  • 5 bulan lalu

    Silaturahmi Bersama Pemuda Muhammadiyah, Gubsu: Pemuda Harus Jadi Garda Terdepan Jaga Sumut

    Beritasumut.com-Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi bersama Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah menerima kunjungan silaturahmi pe

  • 6 bulan lalu

    Silaturahmi dengan Warga Muhammadiyah, Wagub Sumut Harapkan Jaga Kebersamaan Umat

    Beritasumut.com–Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) mengajak warga Muhammadiyah untuk selalu menjaga kebersamaan dan kekompakan antar

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.