Peristiwa

PKK Kabupaten Pakpak Bharat Lakukan Sosialisasi dan Pelatihan Pengolahan Sampah di Desa Perjaga


PKK Kabupaten Pakpak Bharat Lakukan Sosialisasi dan Pelatihan Pengolahan Sampah di Desa Perjaga
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Desa Perjaga, Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe, yang merupakan Desa Binaan TP PKK Kabupaten Pakpak Bharat, mendapat kehormatan menjadi tempat Sosialisasi dan Pelatihan Pengolahan Sampah dengan pola Reuse, Reduce, Recycle (3R) yang menghadirkan pakar pengolahan sampah, Dewi Budiarti Teruna Jasa Said.
 
Kegiatan ini dilaksanakan di Bale Desa Perjaga yang menghadirkan seluruh masyarakat Desa serta perwakilan dari setiap Kecamatan se-Kabupaten Pakpak Bharat, pertengahan pekan kemarin, yang pada tahap awal ini mengundang narasumber Direktur Greenmedia, Susanto Maulana, yang juga seorang pegiat lingkungan dan jurnalis.
 
Pj Bupati Pakpak Bharat, Dr H Asren Nasution MA yang membuka acara ini mengakui bahwa terasa perubahan yang mendasar pada Desa ini ketika menjadi Desa Binaan PKK. “Terlihat dengan nyata gotong-royong masyarakat yang dilakukan untuk memajukan Desa," ujar Asren dilansir dari laman pakpakbharatkab.go.id, Minggu (30/06/2019).
 
Asren mengungkapkan, bahwa apa saja bisa menjadi pendapatan dan pemasukan yang halal dengan memanfaatkan segalanya termasuk sampah. “Intinya terletak pada kemauan untuk mengolah dan menghadirkan ide-ide baru terhadap barang-barang yang selama ini selalu terbuang," ungkap Asren Nasution seraya memberi ilustrasi tentang produk-produk olahan dari sampah.
 
“Sampah jadi duit, bukan duit jadi sampah," sambungnya seraya menegaskan di hadapan Kades Perjaga Birma Berutu dan Ketua TP PKK Desa Perjaga Asmah B Berutu br Boangmanalu bahwa Pemkab Pakpak Bharat akan terus memberi spirit serta dorongan agar Desa Perjaga sepenuhnya menjadi Desa Percontohan.
 
Senada, Ketua TP PKK Kab Pakpak Bharat Dra Raudatus Shafa Asren Nasution juga menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini dan berjanji akan terus mendukung Desa Perjaga sebagai Desa Binaan PKK. “Memberdayakan masyarakat melakukan pengolahan sampah adalah untuk membuat masyarakat lebih sejahtera sekaligus menyelamatkan lingkungan," terangnya seraya berharap agar pengolahan sampah ini menjadi budaya di tengah-tengah masyarakat.
 
Dalam kesempatan itu, Pj Bupati beserta rombongan juga menyempatkan diri berkeliling untuk melihat kondisi desa. Selain itu, juga dilakukan penyerahan Kartu Identitas Anak (KIA) dan dokumen kependudukan lainnya dari Pj Bupati kepada masyarakat, yang didampingi Ka Dinas Dukcapil Petrus Saragih SE MM.(BS09)

Tag:Kabupaten Pakpak BharatPKKSampah