Peristiwa

Ormas di Langkat Diminta Segera Mendaftarkan Keberadaannya ke Pemerintah


Ormas di Langkat Diminta Segera Mendaftarkan Keberadaannya ke Pemerintah
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Bupati Langkat Terbit Rencana PA melalui Asisten I Pemerintahan Abdul Karim, membuka kegiatan pertemuan Orkemas se-Kabupaten Langkat di Gedung PKK Langkat, Stabat.
 
Asisiten I pada arahan teks tertulis Bupati menegaskan, berdasarkan penjabaran dari UU RI No.17 tahun 2013 tentang Ormas dan Permendagri No.57 tahun 2017 tentang pendaftaran dan pengelolaan sistem informasi Ormas, maka semua Ormas wajib memberitahukan keberadaanya kepada pemerintah.
 
Untuk itu, Sekda meminta, kepada Ormas yang belum mendaftar keberadaannya agar dapat segera mendaftarkannya. "Hal ini sangat penting guna menciptakan tertib administrasi dan hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," ungkapnya dilansir dari laman langkatkab.go.id, Minggu (06/10/2019).
 
Sekda menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya pemerintah untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas), serta untuk mendorong Ormas kearah  perkembangan yang sehat dan mandiri, juga mampu berperan serta dalam melaksanakan fungsinya sesuai tujuan pembentukannya.“Serta untuk membantu pemerintah dalam pembangunan daerah khususnya dan nasional umumnya,” jelasnya.
 
Semoga, sambung Sekda, kegiatan ini  menjadi sarana untuk berbagi pengalaman sekaligus menimba ilmu pengetahuan, bagaimana Ormas menjadi wadah yang menampung aspirasi masyarakat, mitra pemerintah dalam membangun dan memberikan pendidikan bagi masyarakat.
 
Sementara itu, Kakan Kesbangpol Langkat H Wahyudi menamabahkan, tujuan kegiatan ini di antaranya meningkatkan partisipasi dan keberdayaan masyarakat, memberikan pelayanan kepada masyarakat, menjaga nilai agama dan kepercayaan terhadap Tuhan, serta melestariakan dan memelihara norma, nilai, moral, etika dan budaya yang hidup di dalam masyarakat. Kemudian melestarikan SDA dan lingkungan hidup masyarakat, mengembangkan kesetiakawanan sosial, gotong-royong dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat.“Juga untuk menjaga, memelihara dan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dan mewujudkan tujuan negara,” tutupnya.(BS09)
 

Tag:LangkatOrmas