Selasa, 18 Februari 2020
  • Home
  • Peristiwa
  • Optimistis KPK Akan Lebih Baik, Presiden Jokowi: Komposisi Dewan Pengawas Kombinasi Yang Sangat Baik

Optimistis KPK Akan Lebih Baik, Presiden Jokowi: Komposisi Dewan Pengawas Kombinasi Yang Sangat Baik

Sabtu, 21 Desember 2019 10:20:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, sesuai pernyataan yang disampaikannya sebelumnya mereka yang terpilih sebagai Ketua dan Anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Masa Jabatan 2019-2023 merupakan orang yang baik. 
 
“Beliau adalah orang-orang baik, memiliki kapabilitas, memiliki integritas, memiliki kapasitas dalam hal-hal yang berkaitan dengan wilayah itu,” kata Presiden Jokowi menjawab wartawan usai pelantikan Dewan Pengawas dan Pimpinan KPK Masa Jabatan 2019-2023, di Istana Negara, Jakarta, Jumat (20/12/2019).
 
Untuk informasi, kelima nama yang ditetapkan Presiden Jokowi sebagai Dewan Pengawas KPK adalah: 1. Artidjo Alkostar (mantan Hakim Mahkamah Agung); 2. Albertina Ho (Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Kupang, NTT); 3. Harjono (mantan Hakim Mahkamah Konstitusi); dan 5. Syamsudin Haris (Peneliti LIPI). 
 
Menurut Presiden, Dewan Pengawas KPK itu sengaja dipilih dari sudut yang berbeda-beda. Ada yang mantan hakim, ada yang hakim aktif, ada yang juga dari mantan KPK, ada yang juga dari akademisi, ada yang Mahkamah Konstitusi. “Saya kira itu sebuah kombinasi yang sangat baik, sehingga bisa memberikan fungsi, terutama fungsi kontrol dan pengawasan terhadap komisioner KPK. Saya kira ini akan bekerja sama dengan baik dengan komisioner KPK. Itungan kita itu,” tegas Presiden. 
 
Mengenai pemilihan mantan Ketua KPK, Tumpak Hatorangan Panggabean, sebagai Ketua Dewan Pengawas KPK, menurut Presiden, karena memiliki memiliki latar belakang, pengalaman, berkaitan dengan KPK. “Saya kira beliau-beliau adalah orang yang bijak, yang bijaksana,” ujarnya. 
 
Sedangkan mengenai pimpinan baru KPK, Presiden Jokowi berharap penguatan KPK itu betul-betul nyata, pemberantasan korupsi bisa dilakukan secara otomatis sehingga betul-betul memiliki dampak yang baik bagi ekonomi, bagi negara kita. “Saya meyakini insyaAllah beliau-beliau Ketua KPK dan komisioner KPK bisa membawa KPK ke arah yang lebih baik dengan didampingi oleh Dewan Pengawas,” tegas Presiden Jokowi.(rel)
T#g:Dewan Pengawas KPKKPKKPK RI
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • satu minggu lalu

    Praktisi Hukum: KPK Jangan Tebang Pilih Kasus Suap DPRD Sumut

    Beritasumut.com-Terkait diumumkannya 14 nama tersangka baru anggota DPRD Sumut periode 2009-2014 oleh KPK, praktisi Hukum Eka Putra Zakran SH memin

  • 3 minggu lalu

    Kemenag RI dan KPK Perkuat Fungsi Pencegahan Korupsi

    Beritasumut.com-Kementerian Agama (Kemenag) RI, bersama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sepakat untuk memperkuat fungsi pencegahan korups

  • satu bulan lalu

    15 Personil KPK Rekonstruksi di Hotel Swiss Belinn Jalan Gajah Mada Medan

    Beritasumut.com-Sebanyak 15 personil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan rekonstruksi kasus di Hotel Swiss Belinn Jalan Gajah Mada Medan.

  • 2 bulan lalu

    Optimalkan Penggunaan Media Digital, KPK Gelar Festival Media

    Beritasumut.com-Komisi Pemberantasan Korupsi kembali menggelar Festival Media Digital Pemerintah 2019, yang juga menjadi rangkaian acara dalam peri

  • 2 bulan lalu

    Hari Antikorupsi Sedunia di Gedung KPK, Wagub Sumut Sebut Korupsi Musuh Bersama

    Beritasumut.com–Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah menghadiri peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) 2019

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.