Kamis, 12 Desember 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Observasi Kejiwaan Kompol Fahrizal di RSJ M Ildrem Bisa Jadi Kurang dari 2 Minggu

Observasi Kejiwaan Kompol Fahrizal di RSJ M Ildrem Bisa Jadi Kurang dari 2 Minggu

Rabu, 18 April 2018 23:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Direktur RSJ Prof Dr M Ildrem, Chandra Syafei SpoG membenarkan pihaknya telah menerima pasien atas nama Fahrizal, yang diantarkan dari Polda Sumut. "Kita menerima Fahrizal, Senin tanggal 16 April 2018, malam lalu, sekitar jam 8 malam," ujarnya kepada wartawan, Rabu (18/04/2018).
 
Mantan Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Sumut ini juga mengatakan pihaknya menerima Kompol Fahrizal, Wakapolres Lombok Tengah ini yang dirujuk dari Biddokkes Polda Sumut untuk dilakukan observasi kejiwaannya selama 14 hari."Kita akan melakukan pemeriksaan kejiwaannya terlebih dahulu. Kalau diperlukan tim untuk melakukan observasi, akan kita bentuk timnya. Dan apabila kita diminta untuk memberikan obat, akan kita kasihkan juga," ujar Chandra.
 
Dikatakannya, tidak ada perlakuan khusus yang akan diberikan kepada Kompol Fahrizal, karena semua pasien akan diperlakukan sama oleh manajemen RSJ sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang dimiliki. "Sebagaimana biasa pasien datang langsung diperiksa, kalau perlu visum, ada surat polisi nanti kita jawab. Apabila penyakitnya memerlukan obat, akan kita kasih obat," ujarnya.
 
Dia mengaku, semua pemeriksaan termasuk observasi yang diminta pihak Polda Sumut akan dilakukan. "Apabila sudah terdiagnosa dan ada gangguan jiwa atau tidak ada gangguan jiwa nanti akan kita lampirkan. Misalnya terjadi gangguan jiwa, apakah dia memerlukan obat atau memerlukan perawatan, akan kita rawat," katanya.
 
Diakui Chandra, bila sebelum 2 minggu sudah bisa diketahui penyakitnya, maka pihaknya akan langsung mendiagnosa dan mengirimkannya ke Polda Sumut. "Bisa saja kita menemukan penyakitnya di bawah dua minggu. Semakin cepat kan semakin bagus," ujarnya.
 
Dikatakannya, hasil observasi selalu ada 2, ada gangguan jiwa atau tidak ada gangguan jiwa. Jadi, sambungnya, biasanya kalau ada gangguan jiwa akan kelihatan di bawah dua minggu."Kita juga akan tanya sama Kompol Fahrizal apakah dia pernah berobat ke ahli jiwa saat berada di Lombok atau tidak. Dan semua akan kita tanya untuk melakukan dan mengetahui kejiwaannya," ujar Chandra.
 
Saat ini lanjutnya, pihaknya belum mengetahui pasti kondisi kejiwaan yang dialami mantan Kasat Reskrim Polrestabes Medan tersebut. Sebab katanya, Kompol Fahrizal baru masuk ke RSJ, pada Senin lalu. Dikatakannya, Kompol Fahrizal dirawat di Kamar Kelas Satu. "Kamar itu berisi untuk dua orang. Tapi saat ini, karena tidak ada pasien, cuma dia sendiri di kamar itu," jelasnya.
 
Sementara itu, Penyidik Ditreskrimum Polda Sumut sudah mengantarkan Kompol Fahrizal ke RSJ Prof Dr M Ildrem milik Pemprov Sumut di Jalan Tali Air, Tuntungan, Kota Medan. "Dia sudah 2 hari kita bawa ke sana untuk mengobservasi kejiwaannya," kata Kasubdit III/Jatanras Ditreskrimum Polda Sumut, AKBP Maringan Simanjuntak.
 
Dia mengatakan, Kompol Fahrizal akan menjalani rangkaian observasi kejiwaan yang akan ditangani dokter khusus di RSJ tersebut. "Dua Minggu dia akan dirawat di RSJ. Dia (Kompol Fahrizal) akan di observasi kondisi kejiwaannya. Semoga dengan kita antarkan ke sana, kejiwaannya bisa stabil," pungkasnya. (BS04)
T#g:Bunuh IparKompol FahrizalObservasi KejiwaanPolda SumutRSJ M IldremWakapolsek Lombok Tengah
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 5 hari lalu

    Sertijab Pejabat Utama Polda Sumut Dipimpin Kapoldasu

    Beritasumut.com–Kapolda Sumatera Utara (Kapoldasu) Irjen Pol Drs Agus Andrianto SH MH memimpin Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) bebera

  • 2 minggu lalu

    Wakapolda Sumut Pimpin Upacara Hari Guru ke-74 di Yaspendar Medan

    Beritasumut.com-Wakapolda Sumatera Utara (Sumut) Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto menjadi Pembina Upacara Hari Guru Nasional Ke-74, di Lapangan

  • 3 minggu lalu

    Kapolda Sumut Perankan Karyawan Kantor Pos di Film Sang Prawira

    Beritasumut.com-Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Utara (Sumut), Irjen Pol Agus Andrianto dan istrinya, Evi Agus Andrianto, terlibat dala

  • 3 minggu lalu

    Kasat Lantas Jajaran Polda Sumut Terima 35 Unit Kendaraan Dinas

    Beritasumut.com–Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto menyerahkan langsung kendaraan dinas (Randis) dari Ditlantas kepada Kasat Lan

  • 3 minggu lalu

    Poldasu Akui Telah Amankan 30 Pelaku Terduga Teroris, Terkait Bom Bunuh Diri di Mapolrestabes Medan

    Beritasumut.com–Polda Sumut berkerjasama dengan Densus 88 AT berhasil mengungkap 30 pelaku terduga jaringan teroris di Kota Medan, pasca leda

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.