Sabtu, 07 Desember 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Obat Tradisional Herbal Senilai Rp 2,5 Miliar dari Malaysia Diamankan BBPOM Medan

Obat Tradisional Herbal Senilai Rp 2,5 Miliar dari Malaysia Diamankan BBPOM Medan

Sabtu, 31 Maret 2018 08:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/BS09
Beritasumut.com-Ribuan produk obat tradisional herbal mengandung bahan kimia obat (BKO) tanpa izin edar senilai Rp 2,5 miliar disita Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Medan dari dua lokasi berbeda di Kota Medan.
 
Obat yang tak terdaftar di BPOM RI tersebut masing-masing diamankan dari Ruko di Jalan Pancing, Kelurahan Indra Kasih serta di sebuah rumah sebagai gudang penyimpanan di Jalan Brig Jend Bejo/Cemara, Gang Delima milik MD."Nilai barang bukti yang diamankan mencapai sebesar Rp 2,5 miliar," ujar Kepala BBPOM di Medan, Yulius Sacramento Tarigan kepada wartawan di kantornya, Jumat (30/03/2018).
 
Bahan baku obat ini, kata Sacramento, didatangkan melalui perusahaan Multi Level Marketing (MLM) perwakilan Malaysia dalam bentuk setengah jadi. Lalu di lokasi penyitaan, dilakukan pengemasan untuk selanjutnya diedarkan."Produk ini sudah beredar di Sumatera Utara, Surabaya, Semarang, Bandung, Yogya dan daerah lainnya," sebut Sacramento.
 
Sacramento menyebutkan, obat-obatan tradisional tersebut adalah Biocypress 1.020 kotak, powder Biocypress dalam almunium powder 28.800 sachet, pil hitam Biocypress 108.800 blister, pil hitam Biocypress strip 38 ball/kodi, pil hitam Biocypress dalam goni 9 goni, dan Biocypress Mahoni instant 18.240 blister.
 
Selain itu turut diamankan kemasan kotak 5.000 lembar, kemasan kotak kecil 3.200 lembar, segel produk warna silver, 518.400 lembar, dan alat sealing merek 1 unit."Obat ini diklaim ini sebagai obat nyeri sendi, rematik, dan jantung. Jadi ini betul-betul penipuan kepada masyarakat," jelasnya.
 
Obat ini, lanjutnya, secara terselubung diedarkan melalui pemasaran online. Namun ia mengaku belum bisa memastikan, apakah obat ini merupakan bagian dari MLM atau hanya desain marketingnya saja yang dikreasikan sebagai MLM.
 
"Kalau memang desain marketingnya MLM maka pasti akan kita proses semuanya. Untuk itu kita tegaskan, kepada siapapu jangan coba-coba mengiklankan dan melayani penjualan produk tidak terdaftar melalui provider online. Sebab kita tidak main-main, dan akan kita proses secara pidana juga," tegasnya.
 
Sedangkan kepada tersangka, sambung Sacramento, akan dijerat dengan UU kesehatan no 36 dengan ancaman 15 tahun penjara dan denda Rp 1,5 Miliar. Saat ini tutur dia, tersangka masih menjalani proses lanjut untuk proses pro justisia."Indikasinya, mereka sudah melakukan ini dalam setahun belakangan," pungkasnya.(BS09)
T#g:BBPOM MedanMalaysiaObat herbalObat Tradisional Herbal
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 5 hari lalu

    Mida Situmorang dan Keluarganya Terlantar di Hutan di Malaysia, Gubernur Perintahkan Tim Pemprov Menjemput

    Beritasumut.com–Satu keluarga Warga Negara Indonesia (WNI) asal Kota Tebingtinggi, Sumatera Utara (Sumut) ditemukan terlantar di sebuah pondo

  • satu minggu lalu

    Polrestabes Medan Bongkar 7 Pelaku Jaringan Narkotika Internasional dari Hotel di Jalan Sunggal

    Beritasumut.com-Tim gabungan Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Medan dan Polsek Percut Sei Tuan bongkar peredaran narkotika jenis sabu jaringan in

  • 2 minggu lalu

    Dongkrak Harga Sawit, Menko Perekonomian Ajak Malaysia Implementasikan Program Mandatori B30

    Beritasumut.com-Usai menghadiri The 2nd Ministeral Meeting of Palm Oil Producting Countries, delegasi Indonesia yang dipimpin oleh Menteri Koordina

  • satu bulan lalu

    Kasdam I/BB Cek Kesiapan Satgas Yonif 133/YS Penjaga Perbatasan RI-Malaysia di Padang

    Beritasumut.com-Guna mengetahui kesiapan Satgas Pam Perbatasan RI - Malaysia, Kasdam I/BB Brigjen TNI Untung Budiharto, didampingi Danrem 032/Wbr B

  • satu bulan lalu

    Tim Pemprov Sumut Berusaha Dapatkan Kembali Passport dan Hak-hak Korban Pekerja Migran di Bawah Umur di Malaysia

    Beritasumut.com-Seperti yang diperintahkan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi, Tim Pemprov Sumut terus berupaya secepatnya membawa pulan

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.