Peristiwa

Muspika Medan Petisah Tertibkan Bangunan Liar di Kelurahan Sei Sikambing D, Kerap Jadi Tempat Kumpul Geng Motor


Muspika Medan Petisah Tertibkan Bangunan Liar di Kelurahan Sei Sikambing D, Kerap Jadi Tempat Kumpul Geng Motor
BERITASUMUT.COM/BS04

Beritasumut.com-Tim gabungan Muspika Medan Petisah melaksanakan penertiban terhadap bangunan yang berdiri di trotoar ataupun di atas parit, termasuk bangunan organisasi kepemudaan yang ada di Kelurahan Sei Sikambing D, Kecamatan Medan Petisah, Sabtu (02/05/2020).

Kegiatan ini dihadiri dari Kecamatan Medan Petisah oleh Lurah Sei Sikambing D Kasmir Nasution, beserta staf Kelurahan dan Kepling Sei Sikambing D. Sedangkan personal Polsek Medan Baru dipimpin Kanit Intelkam Iptu Siswoyo, didampingi Bhabinkamtibmas Kelurahan Sei Sikambing D, Aiptu Ferri Manulang.

Lurah Sei Sikambing D Kasmir Nasution mengatakan, penertiban yang dilaksanakan dengan menyalahi aturan dan Perda Kota Medan Tahun 2002 tentang Izin mendirikan bangunan (IMB). "Selain itu melanggar Peraturan Wali Kota Medan No.9 Tahun 2009 tentang larangan mendirikan bangunan di atas saluran drainase (parit), bahu jalan, trotoar, tanggul sungai dan garis sepadan sungai, serta larangan menutup drainase (parit) secara terus menerus," ujarnya.

Sementara itu, Kapolsek Medan Baru Kompol Martuasah Tobing SIK MH menambahkan, dari pihak kepolisian sebagai stake holder pengamanan tingkat kecamatan mendukung sepenuhnya dengan memberikan pengamanan terhadap penegakan Peraturan Daerah ataupun Peraturan Walikota.

"Sesuai amanat Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin Msi dan Kapolrestabes Medan Kombes Pol Johnny Eddizon isir SiK MTCP, kita menghimbau kepada anak muda komunitas bermotor atau geng motor agar jangan meresahkan masyarakat. Dilarang tawuran, balap liar dengan memakai knalpot blong, bahkan sampai melaksanakan tindak pidana. Polri tidak akan segan memberikan penegakan hukum dengan tegas terhadap komunitas tersebut jika melanggar hukum dan meresahkan Masyarakat," jelasnya.

Kapolsek Medan Baru berharap, semua elemen masyarakat wajib mentaati Undang-Undang ataupun peraturan daerah yang berlaku, demi terciptanya Kamtibmas yang tertib dan kondusif. "Kami dari kepolisian mengucapkan terimakasih kepada seluruh elemen masyarakat yang telah mendukung kegiatan penertiban tersebut sehingga dapat berjalan dengan lancar dan terkendali," tegas mantan Kapolsek Medan Kota ini.

Kegiatan penertiban ini, lanjutnya, berupa pengecatan berwarna putih terhadap pos organisasi kepemudaan yang melanggar izin mendirikan bangunan (IMB) dan dianggap sebagai bangunan liar. Penertiban ini dilaksanakan dengan adanya laporan dari warga yang selama ini dianggap meresahkan. Bangunan tersebut disinyalir kerap menjadi tempat nongkrong anak-anak muda yang diindikasikan melakukan tindakan tidak terpuji. Hal ini dikeluhkan masyarakat sekitar sebab menjadi tempat kumpul Geng Motor Simple Life (SL), Geng Motor Briges, Geng Motor 234 SC.

"Adapun pos organisasi kepemudaan yang ditertibkan adalah sebagai berikut, Pos IPK Ranting Sei Sikambing D di Jalan Sei Besitang, Kecamatan Medan Petisah. Posko Organisasi AMPI Sub Rayon Sei Sekambing D di Jalan Sei Besitang Medan. Posko organisasi Pemuda Pancasila (PP) Ranting Sei Putih Timur II dan posko PP Ranting 01 di Jalan Iskandar Muda Baru, Kecamatan Medan Petisah. Posko organisasi IPK Ranting Sei Putih Timur II Jalan Iskandar Muda Baru, Kecamatan Medan Petisah," pungkasnya. (BS04)


Tag:bangunan liarGeng MotorGiat KepolisianMedan PetisahPolsek Medanbaru