Kamis, 12 Desember 2019

Musda KNPI Sumut Hasilkan Dua Ketua Terpilih

Minggu, 22 Februari 2015 23:58:00
BAGIKAN:
Ilustrasi. (Google)
Beritasumut.com Musyawarah Daerah XIII KNPI Sumut yang diselenggarakan di di aula Polres Mandailing Natal (Madina) dan Aula Hotel Rindang, Panyabungan, Sabtu (21/2/2015) menghasilkan dua  ketua terpilih.

Sejumlah tokoh muda menyesalkan proses Musda KNPI Sumut hingga pada akhirnya ada dua ketua terpilih.

"Proses musda harus disikapi secara intens dan bijaksana oleh DPP KNPI, terkhusus mengenai adanya dua pemilihan," ujar Tokoh Sentral Madina Saparuddin Haji Lubis alias Akong di Panyabungan, Ahad (22/2/2015).

"Kita tidak berbicara soal siapa ketua yang sah maupun tidak sah, yang dipersoalkan adalah prosesnya, kita menyayangkan kenapa bisa ada dua ketua terpilih, dan kami dengar disebabkan adanya lima OKP yang mempunyai dualisme kepengurusan. Ini kan seharusnya tidak terjadi sebelum masuk ke agenda-agenda musda," ujar Akong yang juga mantan Sekretaris DPD KNPI Madina itu.

Karena itulah, Akong berharap DPP KNPI bijaksana‎, karena ini demi kepentingan dan keberlanjutan masyarakat pemuda Sumatera Utara. DPP KNPI harus membedah permasalahan Musda KNPI Sumut sebelum mengambil kesimpulan terkait dua ketua terpilih.

"Kita sudah mendengar pengumuman dari DPP KNPI bahwa ketua terpilih adalah saudara Jasrul Lubis, terpilih secara aklamasi dan mengatakan sudah sesuai peraturan organisasi (AD/ART). Namun, DPP KNPI juga harus menyikapi sebagian OKP yang melanjutkan agenda musda dan mengadakan pemilihan sehingga saudara Sugiat Santoso juga terpilih secara aklamasi. Artinya, jangan sampai kejadian ini berimbas ke masa depan organisasi pemuda di Sumut," imbuhnya.

DPP KNPI harus melihat secara riil permasalahan yang terjadi, termasuk nuansa di sekitar Aula Polres Madina selama berjalannya musda yaitu dua kelompok masyarakat, seperti massa dari Pemuda Pancasila, dan massa dari masyarakat serta pemuda Madina yang ingin memberikan pengamanan berjalannya musda," ungkap Akong, yang kabarnya akan ikut dalam kancah pemilihan Calon Bupati Madina mendatang.

Ia juga menilai, meski dinamika yang terjadi di Musda XII KNPI Sumut di Madina itu menurut sebagian orang adalah hal biasa terjadi, namun makna yang terkandung di dalamnya harus bisa dijadikan sebagai pelajaran, agar perjalanan organisasi lebih demokratis, karena tidak lagi saatnya mementingkan kelompok atau golongan, tetapi tujuan utama sebenarnya adalah bagaimana supaya OKP bisa memberi manfaat bagi pengurus, dan memberi manfaat bagi masyarakat luas.

"Itu tujuan utamanya, jangan hanya karena mementingkan golongan rusak tujuan utama organisasi itu, seperti memberikan manfaat bagi kader, pengurus serta masyarakat luas. Keberadaan OKP harus bisa memberikan kontribusi bagi negara dan bangsa terutama masyarakat luas," tutup tokoh lintas sektoral di Madina itu.

Seperti diketahui, Musda XIII KNPI Sumut berlangsung cukup a lot. Situasi memanas ketika ada sekitar 5 OKP yang mempunyai dualisme kepengurusan. Dualisme kepengurusan di tubuh 5 OKP itu belum selesai dituntaskan, terjadi keributan antar peserta, bahkan peserta sempat mendatangi meja pimpinan sidang. Tidak itu saja, ada beberapa orang berseragam Pemuda Pancasila yang menerobos masuk ke dalam forum, bahkan melempar tiga kursi ke arah peserta hingga kondisi di dalam forum memanas.

Kemudian, melihat kejadian itu, seratusan masyarakat dan pemuda tanpa seragam yang mengaku ingin menertibkan jalannya musda, mendatangi massa Pemuda Pancasila. Sempat terjadi adu mulut antara massa Pemuda Pancasila dengan masyarakat pemuda Madina.

"Jangan sampai ada yang mengganggu acara musda ini, siapa yang mengganggu hadapi dulu kami, kita sama-sama ingin kondusif, kenapa ada yang masuk ke dalam. Jangan sampai masyarakat luar mengganggu musda ini," sebut salah seorang masyarakat Madina ke arah massa Pemuda Pancasila. Saat terjadi adu mulut dan hampir terjadi bentrok antara masyarakat dengan massa MPW PP Sumut itu. Aparat Polres Madina terlihat menenangkan dua massa yang sama-sama bukan peserta musda tersebut. (BS-026)
T#g:
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 4 tahun lalu

    17 OKP Tolak Musda KNPI Sumut

    Beritasumut.com - Sebanyak 17 Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) menolak Musyawarah Daerah (Musda) XIII Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Su

  • 4 tahun lalu

    Musda KNPI Sumut Versi Kongres Jakarta Dijaga Ketat

    Beritasumut.com - Ratusan personel polisi gabungan melakukan pengamanan lokasi berlangsungnya Musyawarah Daerah (Musda) KNPI Sumatera Utara (Sumut) ve

  • 4 tahun lalu

    Musda KNPI Sumut Versi Kongres Jakarta Berlangsung Ricuh

    Beritasumut.com - Musyawarah Daerah (Musda) DPD KNPI Sumatera Utara (Sumut) XIII versi Kongres Jakarta di Hotel Candi, Jalan Darussalam, Medan, berakh

  • 4 tahun lalu

    27 DPD Tolak Musda KNPI Sumut

    Beritasumut.com - Sebanyak 27 Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) di Sumatera Utara (Sumut) menolak pelaksanaan Musyaw

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.