Peristiwa

Mhd Syafii Maju Pilkada Medan, Ini Pesan RE Nainggolan

Mhd Syafii Maju Pilkada Medan, Ini Pesan RE Nainggolan
BERITASUMUT.COM/BS03
Beritasumut.com-Mantan Sekda Provinsi Sumatera Utara, Dr Drs Rustam Effendy Nainggolan MM (RE Nainggolan) berpesan kepada Dr Drs H Mhd Syafii SH MH MSi agar tetap semangat, dimana hidup merupakan proses yang harus dijalani.
 
"Pak Syafii saya dengar ikut mencalonkan diri sebagai Wali Kota atau Wakil Wali Kota Medan. Karena itu saya berharap dapat terwujud dengan baik, tetap semangat. Jangan maju kalau tidak yakin menang," ucap RE Nainggolan saat menerima kunjungan Mhd Syafii, sekaligus menerima buku biografi di kediamannya di Jalan Beringin VII, Helvetia, Medan, Senin (30/12/2019) sore.
 
RE Nainggolan yang merupakan mantan atasannya di Pemprov Sumut, yakin Mhd Syafii bisa bekerja dengan baik dari pengalamannya di birokrasi. "Saya nilai Pak Syafii cukup baik, apakah pengalamannya, apakah kepribadiannya. Pak Syafii meniti karir dari bawah," ucap RE Nainggolan.
 
Sewaktu RE Nainggolan menjabat Sekda, Mhd Syafii merupakan Kepala Biro Keuangan, yang sebelumnya Kabag Anggaran dimasa Gubernur Syamsul Arifin. "Waktu itu Pemprov Sumut meraih penghargaan sebagai pengelola keuangan daerah terbaik se-Indonesia. Pertumbuhan ekonomi baik, inflasi dibawah rata-rata nasional. Ini sangat positif dan berkat kelihaian Pak Syafii dalam hal pengelolaan keuangan," cetus RE Nainggolan.
 
Di masa itu, kenangnya, Pak Mhd Syafii bisa menyisihkan anggaran untuk didepositokan ke bank dan kapan diperlukan bisa dicairkan. Cadangan waktu itu cukup besar yakni hampir setengah triliun rupiah yang dikelola di Biro Keuangan. "Ini juga berkat kepiawaian Mhd Syafii mengelola keuangan dimana pendidikan dan pengalamannya mulai dari Kabag Anggaran hingga Kepala Biro Keuangan patut diacungi jempol," ucap RE Nainggolan.
 
Mendengar petuah yang disampaikan mantan atasannya itu, Mhd Syafii etnis Melayu bergelar Datuk Panglimo Mudo (Minang) ini, tidak bertinggi hati. "Petuah Pak RE Nainggolan menambah semangat dan menjadi cambuk saya untuk menata dan membenahi birokrasi jajaran Pemko Medan. Jika niat menjadi Wakil Wali Kota terkabul, peningkatan kualitas SDM para ASN dan berusaha meningkatkan PAD yang belum tergali. Saya akan fokus di internal Pemko Medan," ujar Mhd Syafii.
 
Dalam kesempatan itu, Mhd Syafii juga memastikan kehadiran RE Nainggolan di acara Bedah Buku Biografi berjudul ‘Muhammad Syafi’i Si Pemberani dari Batubara, Bagai Mengalir Darah Satria Pangeran Asal Kerajaan Alam Pagaruyung’ di Hotel Grand Aston Medan pada 15 Januari 2020. Acara itu dikabarkan akan langsung dibuka oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. "Pak RE Nainggolan nantinya sebagai salah satu panelis di acara bedah buku tersebut," tutup lulusan Magister Keuangan Unpad tersebut. (BS03)