Peristiwa

Menuju WBK-WBBM, Lapas Lubuk Pakam Lakukan Media Gathering

Menuju WBK-WBBM, Lapas Lubuk Pakam Lakukan Media Gathering
BERITASUMUT.COM/BS05
Beritasumut.com-Demi mensukseskan program Kolaborasi Resolusi Dukung Pemasyarakatan Tahun 2020 serta menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK)-Wilayah Bebas Bersih Melayani (WBBM), Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Klas II B Lubuk Pakam melaksanakan kegiatan Media Gathering dengan puluhan awak media, Kamis (27/02/2020).
 
Selain melaksanakan kegiatan gathering ini, Kalapas Jhonny H Gultom dan pejabat utama Lapas Lubuk Pakam juga mengikuti pelaksanaan video confrence dengan Lapas di Tanah Air. Kalapas Lubuk Pakam, Jhonny H Gultom menyebutkan, pada dasarnya masyarakat secara umum telah mengetahui apa itu pemasyarakatan, tetapi belum dipahami mengenai apa, bagaimana dan bilamana pemasyarakatan itu.
 
Sejauh ini, pengetahuan publik akan pemasyarakatan masih dalam konteks Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan penjara, padahal ruang lingkup pemasyarakatan tidak terbatas sampai disitu saja. Pengetahuan dan pemahaman publik tentang pemasyarakatan ini akan mempengaruhi pandangan mereka mengenai pemasyarakatan.
 
"Pemasyarakatan memiliki arti yang lebih dari sekedar penjara dan didalamnya dilaksanakan upaya-upaya pembinaan terhadap warga binaan pemasyarakatan (WBP). Hal-hal tersebut tertuang dalam resolusi pemasyarakatan tahun 2020 yang sebelumnya telah dicanangkan," sebut Kalapas Lubuk Pakam.
 
Untuk itu, peran media massa dalam penyebaran informasi pemasyarakatan sangat besar. Terlebih saat ini telah dicanangkan resolusi pemasyarakatan tahun 2020 yang memerlukan dukungan awak media untuk menjadi corong informasi dalam menyampaikan hal tersebut kepada masyarakat luas. Menyadari hal itu, perlu adanya sinergi yang kuat antara jajaran pemasyarakatan dengan media sebagai stokeholder.
 
Selanjutnya menurut Kalapas Lubuk Pakam, media gathering ini bertujuan untuk mempererat silaturahmi jajaran pemasyarakatan baik ditingkat pusat, wilayah, dan UPT pemasyarakatan dengan insan media guna mendukung terwujudnya resolusi pemasyarakatan tahun 2020. Selain itu, media gathering juga memperkuat kolaborasi jajaran pemasyarakatan dengan media massa guna mendukung terwujudnya citra pemasyarakatan yang positif. (BS05)