Peristiwa

Menuju Pemerintahan Berbasis Elektronik, Pemkab Labura Gelar Pelatihan Pengelolaan Website SKPD


Menuju Pemerintahan Berbasis Elektronik, Pemkab Labura Gelar Pelatihan Pengelolaan Website SKPD
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Guna mengintegrasikan Website seluruh SKPD di lingkungan Pemerintah, Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara (Pemkab Labura) melalui Dinas Komunikasi Dan Informatika mengadakan Pelatihan Pengelolaan Website SKPD di Hotel Grans Labura, pertengahan pekan kemarin.
 
Dalam pelatihan ini, peserta diajak untuk memahami betul seperti apa dunia website berikut komponen-komponen pendukungnya serta aktifitas-aktifitas yang harus dilakukan dalam mengelola website sehingga pengelola website memiliki perspektif yang utuh dalam memandang website dan mampu mengelola website dengan baik.
 
Seperti diketahui, Pemerintah Indonesia mendorong pemanfaatan media website, melalui Inpres Nomer 3 Tahun 2003 Tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Goverment, yang mengamanatkan setiap lembaga Negara untuk membangun website guna mengembangkan E-Goverment, sebagai upaya untuk penyelenggaraan pemerintahan yang berbasis elektronik dalam rangka meningkatkan kualitas layanan publik.
 
Bupati Labura H Kharuddin Syah SE pada arahannya yang disampaikan Asisten II Drs Raja Saljukdin MSi, di era digital saat ini, semua jenis informasi sangat mudah di akses dengan bantuan jaringan internet. Ketika masyarakat ingin mengetahui sebuah informasi, maka informasi di internet lah yang menjadi pilihan utama. Internet juga dianggap sebagai referensi termudah, termurah dan tercepat.
 
“Kemudahan akses informasi melalui internet inilah harus kita jadikan sebagai langkah atau momen, untuk kita memiliki website sendiri. Bagi yang belum memiliki akses internet di kantor-kantor Pemerintahan Desa, Insya Allah tahun depan akan kita koneksikan jaringan internet kesana," ujarnya dilansir dari laman resmi labuhanbatuutarakab.go.id, Minggu (06/08/2017).
 
Kegiatan ini, lanjut Raja, bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang hal-hal teknis operasional dalam mengelola sebuah website SKPD. Dalam pelatihan tersebut dihadiri oleh narasumber IT Profesional Bidang Network Administrator dan Web Development Salman Kalista SSi dan 126 peserta yang di antaranya admin website SKPD, admin website Kecamatan, admin website Kelurahan dan admin website Desa.“Dengan adanya pelatihan pengelolaan website SKPD ini diharapkan tahun depan semua SKPD harus memiliki website masing-masing,” pungkas Raja. (BS02)

Tag:InternetPemerintahan Berbasis ElektronikPemkab LaburaWebsite SKPD