Peristiwa

Meninggal Saat Bertugas Amankan Pemilu, Tiga Personel Polisi Polda Sumut Peroleh Pangkat Luar Biasa Anumerta


Meninggal Saat Bertugas Amankan Pemilu, Tiga Personel Polisi Polda Sumut Peroleh Pangkat Luar Biasa Anumerta
BERITASUMUT.COM/BS04
Beritasumut.com-Wakapolda Sumut Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihanto, memimpin upacara pemberian penghargaan Pangkat Luar Biasa Anumerta kepada tiga personel polisi jajaran Polda Sumatera Utara (Sumut) yang gugur atau meninggal dalam tugas pengamanan (Pam) TPS Pileg dan Pilpres di Pemilu 2019 di Lapangan KS Tubun Mapolda Sumut, Senin (27/05/2019).
 
Ketiga personel tersebut adalah Iptu Partahian yang merupakan anggota Polres Padang Sidimpuan. Ia meninggal dunia karena kelelahan, saat sedang melaksanakan tugas pengamanan di PPK Hutaimbaru pada 25 April 2019, sehingga terjatuh dan meninggal dunia pada saat perjalanan menuju RSU Padang Sidimpuan."Yang bersangkutan diberikan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi menjadi AKP Anumerta dan piagam penghargaan," ujar Mardiaz.
 
Mardiaz melanjutkan, personel selanjutnya adalah Aiptu Jonter Siringo-Ringo yang merupakan anggota Polres Dairi. Aiptu Jonter juga meninggal karena kelelahan saat melaksanakan pengamanan TPS di Desa Tiga Baru Kecamatan Sidikalang, meski telah sempat dirawat di RSU Sidikalang pada tanggal 18 April 2019."Ia diberikan kenaikan pangkat dari Aiptu menjadi Ipda Anumerta dan piagam penghargaan," sebutnya.
 
Terakhir, ialah Aiptu Tunggul Simbolon yang merupakan anggota Polres Simalungun. Berbeda dari keduanya, Aiptu Tunggul meninggal karena mengalami kecelakaan lalulintas usai mengantar logistik di KPU Simalungun ketika hendak kembali ke Mapolsek Bosar Maligas pada 28 April 2019."Kepadanya diberikan kenaikan pangkat dari Aiptu menjadi IpdaAnumerta dan piagam penghargaan," terangnya.
 
Mardiaz menjelaskan, kenaikan pangkat anumerta ini sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi kerja yang tinggi, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo kepada anggota Polri yang gugur saat bertugas pengamanan Pemilu 2019."Selain penghargaan, keluarga korban juga akan mendapatkan santunan melalui PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (PT ASABRI)," pungkasnya. (BS04)
 

Tag:Pangkat Luar Biasa AnumertaPemiluPolda Sumut