Sabtu, 19 Oktober 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Mengaku Iseng, Warga Aceh Singkil Ini Ditangkap Polisi karena Cetak Uang Palsu

Mengaku Iseng, Warga Aceh Singkil Ini Ditangkap Polisi karena Cetak Uang Palsu

Selasa, 12 Februari 2019 12:36:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Sultoni Puja Kesuma (41) Warga Rimo, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil dibekuk personel Unit Reskrim Polsek Medan Sunggal.
 
Berdasarkan informasi yang diperoleh, pria yang bekerja sebagai sopir travel ini ditangkap, karena perbuatannya mencetak uang palsu pecahan Rp 100.000, Rp 50.000 dan Rp 20.000.
 
Kapolsek Medan Sunggal Kompol Yasir Ahmadi menyampaikan, penangkapan terhadap Sultoni dilakukan, setelah pihaknya mendapatkan informasi jika ada seorang lelaki memiliki uang palsu. Kemudian pada Sabtu (09/02/2019) pukul 16.00 WIB, petugas lalu menemui Sultoni yang saat itu berada di kawasan Jalan Sisingamangaraja, Medan Amplas. 
 
"Saat didekati, ditemukan 2 lembar uang Rp 100 ribu dan 2 lembar uang Rp 50 ribu yang diduga palsu. Setelah pelaku ditanyai, ia mengakui bahwa uang tersebut benar uang palsu yang dicetaknya sendiri di rumah orangtuanya menggunakan mesin printer," ungkapnya kepada wartawan, Selasa (12/02/2019).
 
Selanjutnya, ujar Yasir, petugas kemudian membawa Sultoni ke kediaman orang tuanya di Jalan Teuku Amir Hamzah, Gang Makmur Kecamatan Binjai, Langkat. Dari rumah orang tua pelaku, petugas kembali menemukan sejumlah uang palsu.
 
"Total uang palsu yang kita amankan 16 lembar, yakni 3 lembar uang palsu pecahan Rp 100 ribu, 11 lembar pecahan uang palsu Rp 50 ribu dan 2 lembar uang palsu Rp 20 ribu. Selain itu juga diamankan 1 unit printer Canon MP 287 yang digunakan pelaku untuk mencetak uang palsu tersebut," jelasnya.
 
Yasir melanjutkan, berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan, diketahui motif pelaku mencetak uang palsu tersebut hanya untuk iseng saja. Hal itu dilakukannya untuk menunjukkan kepada sesama teman sopir travelnya, jika ia memiliki uang palsu.
 
Sebelumnya, kata Yasir, sekitar seminggu yang lalu Sultoni memang baru membeli satu unit printer di Binjai untuk dibawanya pulang ke Aceh Singkil guna melengkapi perangkat komputer untuk digunakan istri dan anaknya. Namun setelah dibeli, ia tidak langsung membawanya pulang, tapi disimpan di rumah orang tuanya di Langkat.
 
"Karena tidak ada kegiatan, pelaku mengaku iseng mencoba hasil foto copy printer itu dengan membuat sejumlah uang palsu. Kemudian ia pun membawa 4 lembar uang palsu tersebut, hingga akhirnya tertangkap,"  terang Yasir. 
 
Yasir menyebutkan, atas perbuatannya, Sultoni pun dipersangkakan dengan Pasal 26 Jo Pasal 36 Ayat (1) dan (2) UU RI No 7 Tahun 2011 tentang mata uang. Karena telah melakukan tindak pidana memalsukan mata uang dan uang kertas negara serta uang kertas bank.(BS06)
T#g:Polsek SunggalUang Palsuupal
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 4 minggu lalu

    Kecamatan Medan Selayang Gelar Apel Bersama Tiga Pilar

    Beritasumut.com-Guna meningkatkan koordinasi dan membangun sinergitas antara ASN, TNI dan Polri, Kecamatan Medan Selayang menggelar apel gabungan t

  • 4 minggu lalu

    Pelaku Curanmor di Parkiran Indomaret Sei Mencirim Diamankan Polisi

    Beritasumut.com-Tim Pegasus Reskrim Polsek Sunggal berhasil meringkus pelaku pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) yaitu berupa sepeda motor di k

  • satu bulan lalu

    Polsek Sunggal Razia Tempat Hiburan Malam, 14 Orang Diamankan

    Beritasumut.com–Dalam rangka mengantisipasi peredaran narkoba dan 3C, Polsek Sunggal melakukan razia tempat hiburan malam yang tidak mempunya

  • 2 bulan lalu

    Pelaku Pencurian Sepeda Motor Diringkus Polsek Sunggal

    Beritasumut.com-Polsek Sunggal berhasil meringkus pelaku pencurian sepeda motor di kawasan Jalan Medan-Binjai KM 15,5, Gang Tepas, Desa Sei Semayan

  • 2 bulan lalu

    Polsek Sunggal Berhasil Tangkap Sindikat Pencurian Mobil

    Beritasumut.com–Tim Pegasus Polsek Sunggal berhasil mengungkap jaringan pencurian kendaraan roda empat (mobil). Pelaku tersebut adalah ABG (3

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.