Peristiwa

Menegangkan! Parasut Utama Bermasalah, Penerjun di Hari Kemerdekaan Terpaksa Pakai Parasut Cadangan


Menegangkan! Parasut Utama Bermasalah, Penerjun di Hari Kemerdekaan Terpaksa Pakai Parasut Cadangan
Dokumentasi
Ilustrasi.
Beritasumut.com - Ada kejadian menegangkan dalam acara memeriahkan perayaan HUT Ke-70 Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Merdeka, Medan, Senin (17/8/2015). Seorang penerjun payung mengalami masalah dan terpaksa menggunakan payung cadangan.

Sebanyak 12 penerjun melompat dari pesawat. Mereka menuju titik pendaratan di tengah Lapangan Merdeka.

Tiba-tiba, salah satu payung tidak bergerak normal. Di saat bersamaan, satu objek jatuh cepat dekat payung yang bergerak tak beraturan itu.

Meski ada kejadian itu, ke-12 penerjun selamat. Sang penerjun ternyata melepaskan parasut utamanya dan menggunakan parasut cadangan lalu mendarat dengan selamat.

"Jadi kelihatan sendiri yang bersangkutan ada trouble pada payung utama. Karena ada trouble, dia melepas payung utama, kemudian mencabut payung cadangan. Dan berhasil mendarat, penerjunnya selamat," kata Kapten Yose Damayanti, salah seorang penerjun.

Payung utama yang dilepas penerjun ternyata jatuh di atas ruko yang ada di Pasar Ikan Lama, Jalan Stasiun Kereta Api. Sejumlah prajurit TNI kemudian mengevakuasi parasut yang menyangkut di dekat parabola.

Sehari sebelumnya, penerjunan itu juga mengalami masalah saat latihan, Ahad (16/8/2015). Salah seorang penerjun gagal mendarat tepat di lokasi dan seorang lainnya dikabarkan sangkut di pohon. 

"Kalau kejadian hari ini kami nggak tahu. Kalau kemarin waktu latihan memang ada dua yang tidak tepat sasaran, satu sangkut di pohon. Satu lagi mendarat di belakang Hotel Dharma Deli," ucap Brigadir Leonardi, Polantas yang berjaga di sekitar lokasi. (BS-001)

Tag: