Kamis, 21 November 2019

Peringatan Sewindu Tragedi Kecelakaan Mandala

Mendagri Ziarah ke Makam Tengku Rizal Nurdin

Kamis, 05 September 2013 22:09:00
BAGIKAN:
Ist

Medan, (beritasumut.com) – Memperingati sekaligus mengenang tragedi kecelakaan pesawat Mandala Airlines yang gagal take off diujung landasan pacu Bandara Polonia, Medan pada 5 September 2005 lalu, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi dan Wakil Guberur Sumatera Utara Ir Tengku Erry Nuradi MSi ziarah ke makam almarhum Tengku Rizal Nurdin di pekuburan belakang Masjid Raya Al-Mashun, Jalan SM Raja, Medan, Kamis (5/9/2013).
 
Rombongan Mendagri Gamawan Fauzi dan Wagub Sumut Tengku Erry Nuradi tiba di lokasi pekuburan sekitar pukul 17.30 WIB. Rombongan langsung menuju makam Almarhum Tengku Rizal Nurdin kemudian berdoa beberapa saat. Mendagri berdoa di samping Tengku Erry kemudian menabur kembang di atas pusara Almarhum Tengku Rizal Nurdin.
 
Usai ziarah, Mendagri mengatakan, almarhum Tengku Rizal Nurdin adalah salah satu putra terbaik Sumatera Utara. Beliau tegas memimpin karena latar belakangnya adalah seorang TNI. Tetapi sikap beliau sangat sipil bahkan mengalahkan warga sipil, ujar Gamawan.
 
Mendagri mengatakan, saat mendapat kabar almarhum salah satu korban tewas dalam kecelakaan Mandala, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono langsung mengheningkan cipta sebagai bentuk penghormatan.
 
“Kebetulan saat ini, Bapak Presiden sedang memimpin pertemuan dengan kepala daerah dari seluruh provinsi. Bapak Presiden langsung mengajak seluruh peserta pertemuan hening cipta sejenak,” lanjut Gamawan.
 
Selain pernah menjabat Gubernur Sumatera Utara selama dua periode yakni 1998-2003 dan 2003-2008, jasa terbesar Almarhum Tengku Rizal Nurdin adalah menggagas pembangunan Bandara Kualanamu.
 
“Bisa saja nama KNIA itu diganti menjadi Bandara Rizal Nurdin. Tetapi itu pembahasannya ditingkatan Provinsi Sumatera Utara. Bandara di Padang, Sumatera Barat juga pernah berganti namanya,” sebut Gamawan.
 
Sementara Wagub Sumut Tengku Erry Nuradi mengatakan, ziarah ke makam almarhum Tengku Rizal Nurdin tidak sekadar mengenang almarhum semata, tetapi untuk mengingatkan masyarakat Sumut akan ketauladan almarhum.
 
“Banyak prinsip dan sikap almarhum yang layak kita tauladani. Salah satunya adalah tegas, memiliki kemampuan koordinasi yang bijak dan mampu merangkul banyak kepentingan tanpa menyakiti pihak manapun. Beliau juga mengedepankan kebersamaan,” kenang Erry.
 
Pesawat Mandala Airlines Boeing 737-200 yang dinaiki Tengku Rizal Nurdin mengangkut 117 penumpang dan 5 awak. Jatuh saat lepas landas diujung landasan Bandara Polonia Medan di kawasan Padang Bulan Medan, saat terbang menuju Jakarta, 5 September 2005 lalu. Sebanyak 44 warga di lokasi kejadian turut menjadi korban. Hanya 16 orang penumpang yang selamat dalam kecelakaan tersebut.
 
Hasil penelitian awal Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan National Transportation Safety Board dari Amerika menyatakan, kecelakaan disebabkan kerusakan yang terjadi di salah satu mesin pesawat hingg pesawat kehilangan tenaga saat lepas landas. Namun hingga saat ini, belum diketahui penyebab pasti jatuhnya pesawat. Saat lepas landas, pesawat membawa durian seberat 2 ton. Ini pula yang akhirnya menimbulkan spekulasi penyebab kecelakaan. (BS-001)
T#g:Mendagri
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 hari lalu

    Mendagri: Pilkada Langsung Perlu Dievaluasi dengan Kajian Akademis

    Beritasumut.com-Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengemukakan, pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) langsung perlu dievaluas

  • 3 minggu lalu

    Samakan Persepsi Terkait Program Prioritas Nasional, Mendagri Akan Undang Kepala Daerah

    Beritasumut.com-Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Prof HM Tito Karnavian PhD meminta seluruh jajaran Pemerintah Daerah (Pemda) memahami Visi-Misi Pre

  • 4 minggu lalu

    Mendagri Tito Karnavian Akan Lakukan Evaluasi APBD

    Beritasumut.com-Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menegaskan bahwa Kemendagri akan melakukan evaluasi terhadap Anggaran Pendapatan dan

  • satu bulan lalu

    Sekjen Kemendagri Minta Inventarisir MoU Kampus IPDN, Jangan Hanya Seremonial Yang Tidak Bermanfaat

    Beritasumut.com-Sekjen Kemendagri yang juga Plt Rektor IPDN, Hadi Prabowo mendorong kemajuan Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN). Menurutnya ad

  • satu bulan lalu

    Mendagri Terus Ingatkan Kepala Daerah dan ASN untuk Hindari Area Rawan Korupsi

    Beritasumut.com-Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo terus mengingatkan kepala daerah dan ASN dalam berbagai kesempatan untuk menghindari

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.