Senin, 18 November 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Menaker Minta Masyarakat Tidak Khawatirkan Perpres Tenaga Kerja Asing

Menaker Minta Masyarakat Tidak Khawatirkan Perpres Tenaga Kerja Asing

Senin, 23 April 2018 11:00:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri, meminta masyarakat tidak perlu khawatir dengan dikeluarkannya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing (TKA).
 
Pasalnya, Perpres tersebut bertujuan untuk menyederhanakan prosedur tanpa menghilangkan prinsip penggunaan TKA yang selektif, yaitu hanya boleh menduduki jabatan tertentu sebagai ahli.
 
“Dengan menyederhanakan aturan perizinan TKA, diharapkan meningkatkan daya saing, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, meningkatkan investasi, adanya kepastian berusaha, mengurangi biaya ekonomi yang tinggi, dan efisiensi administrasi,” kata Menaker, di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (20/04/2018).
 
Ditegaskan Menaker,  Perpres TKA ini tidak membebaskan TKA yang bekerja di Indonesia. Perpres TKA ini hanya memudahkan dari sisi prosedur dan proses birokrasinya sehingga pengurusan izin TKA ini tidak berbelit-belit.
 
Selama ini, lanjut Hanif, proses perizinan TKA berbelit-belit melibatkan  banyak kementerian sehingga menghambat investasi. Karena itu Perpres ini penting untuk meningkatkan investasi.
 
“Tujuan utamanya adalah untuk menciptakan lapangan kerja yang lebih luas untuk rakyat Indonesia,” ujar Menaker seraya menambahkan, jumlah TKA di Indonesia jumlahnya relatif kecil jika dibandingkan dengan jumlah TKA di negara lain dan jumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri.
 
Menurut Menaker Hanif Dhakiri, jumlah TKA di Indonesia dibandingkan jumlah TKI kita di negara lai sangat jauh. Berdasarkan data yang dimiliki Kemnaker, jumlah TKA di Indonesia total ada 126 ribu, sedangkan jumlah TKI di luar negeri ada 9 jutaan.
 
“TKI kita di Hongkong saja 170 ribu, TKI kita di Taiwan 200 ribuan, TKI kita di Macau sekitar 20 ribu, sementara TKA Tiongkok di sini 36 ribu,” ujar Menaker Hanif, seperti dilansir setkab.go.id.(BS01)
T#g:Perpres TKATKAtenaga kerja asingtenaga kerja impor
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 3 bulan lalu

    Sekretaris Kabinet: Pramuka Bisa Menjadi Tempaan Pemimpin Masa Mendatang

    Beritasumut.com-Sekretaris Kabinet (Seskab), Pramono Anung, menyampaikan bahwa gerakan praja muda karana (pramuka) akan bisa menjadi tempaan pemimp

  • 9 bulan lalu

    Lantik 173 PNS Baru, Mensesneg: Welcome to The Block Lembaga Kepresidenan

    Beritasumut.com-Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno melantik dan mengambil sumpah 173 Pegawai Negeri Sipil (PNS) penerimaan Tahun 2017 d

  • 12 bulan lalu

    Penumpang Asal Turki Tak Boleh Terbang di Bandara Kualanamu

    Beritasumut.com-Seorang calon penumpang asal negara Turki, diketahui bernama Murat Semercy batal berangkat, setelah tidak diperbolehkan petugas Imi

  • tahun lalu

    Lantik 4 Pejabat Eselon I, Seskab: Saya Ingin Bangun Tim Yang Kuat

    Beritasumut.com-Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung mengemukakan, rotasi terhadap dua pejabat eselon I dan pelantikan dua pejabat baru eselon

  • 2 tahun lalu

    DPR: Perpres Penggunaan TKA Menegaskan Disorientasi Pembangunan

    Beritasumut.com-Anggota Komisi IX DPR RI, dokter Adang Sudrajat menegaskan kepada Presiden RI melalui kementerian tenaga kerja, bahwa menggenjot ar

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.