Peristiwa

Medan Krisis Darah


Medan Krisis Darah
Google

Medan, (beritasumut.com) – Ketua Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) Kota Medan Janlie mengaku cukup prihatin mengetahui terjadinya krisis darah di Medan saat ini. Dia menuding, pejabat Pemko Medan kurang peka terhadap keluhan dan kepentingan kesehatan masyarakat.
 
“Seharusnya pejabat Pemko Medan respon terkait krisis darah di Medan. Plt Walikota Medan Dzulmi Eldin dapat mengintruksikan seluruh PNS yang ada dijajaran Pemko Medan segera melakukan donor darah. Apalagi jauh sebelumnya pejabat Pemko Medan dan seluruh SKPD sudah diminta agar mengkampanyekan budaya donor darah,” ujar Janlie di Medan, Senin (3/6/2013).
 
Dikatakan Janlie, mengingat kebutuhan darah cukup penting, pemerintah harus berperan penting memberikan contoh menyelenggarakan donor darah. Hal demikian dapat mensuport warga melakukan budaya donor darah sehingga dapat mengantisipasi krisis donor darah.
 
Anggota DPRD Medan ini juga menyebutkan, dalam Perda Sistem Kesehatan Kota (SKK) Pemko Medan yang telah disahkan baru-baru ini untuk menganjurkan budaya donor darah. Seharusnya Pemko Medan harus menjalankan perda tersebut yakni melakukan donor darah dan gencar melakukan sosialisasi akan pentingnya donor darah dan bagi pendonor akan bertambah sehat.
 
“Jika saja jajaran PNS Pemko Medan gencar melakukan donor darah secara rutin, dipastikan krisis darah tak akan terjadi di Medan. Tentunya, warga pasien sakit di rumah sakit di Medan dapat terbantu. Untuk itu, mari “Banjiri Medan Dengan Darah” sehingga PMI dapat mensuplai darah kepada yang membutuhkan, sebut Janlie.
 
Ditambahkan Janlie, pihaknya dari PDDI secara rutin selalu mengajak serta mensosialisasikan akan pentingnya melakukan donor darah. PDDI juga tetap berupaya mencari komunitas pendonor darah.
 
Dalam hal ini, Janlie mengajak seluruh instansi terkait agar rutin melakukan donor darah dan berupaya mengkampanyekan pentingnya donor darah. Seluruh instansi diharapkan dapat berperan penting membantu serta mensosialisasikan pentingnya donor darah. Begitu juga kepada media cetak dan elektronik supaya ikut membantu sosialilasi kepada masyarakat luas. (BS-001)

Tag: