Peristiwa

Mau Ikutan Demo, Puluhan Pelajar SMA dan SMK Disuruh Pulang oleh Polisi

Mau Ikutan Demo, Puluhan Pelajar SMA dan SMK Disuruh Pulang oleh Polisi
BERITASUMUT.COM/BS04
Beritasumut.com-Petugas Polsek Medan Barat dan petugas Intel Polrestabes Medan melakukan penjagaan cukup ketat di kawasan Gedung DPRD Sumut. Penjagaan ini terkait adanya demo di kawasan tersebut. Puluhan pelajar tingkat SMA dan SMK yang hendak ikut demo pun dicegat polisi di kawasan Lapangan Merdeka Medan dan disuruh pulang.
 
Para pelajar yang sudah dikepung itu terpaksa balik arah dan pulang menuju ke rumah masing-masing. "Gagal demo. Balik kanan dan polisi juga menyuruh kami pulang saja bang," tutur Danu pelajar SMA Panca Budi Medan kepada wartawan, Jumat (27/9/2019). 
 
Danu mengaku hanya mengikuti kemauan teman-temannya yang ingin menunjukan solidaritas untuk melakukan aksi unjuk rasa ke Gedung DPRD Sumut. Namun, setelah sampai di kawasan Merdeka Medan, ternyata sudah banyak petugas kepolisian melakukan sweeping kepada pelajar yang ikut demo tersebut. "Niat kali ini belum tercapai. Terpaksa saya pulang menuju ke arah Jalan Gatot Subroto Medan bang," jelasnya.
 
Dari pantauan di lapangan, sejumlah petugas dari Polsek Medan Barat yang berpakaian dinas dan preman menjaga ketat kawasan Lapangan Merdeka Medan. Para petugas juga memantau pergerakan massa yang ingin aksi unjuk rasa damai.Massa yang hendak membawa benda keras dan tajam bakalan diamankan. "Kita hanya menjalankan tugas untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan bersama," terang Kanit Reskrim Polsek Medan Barat Iptu M Manullang.
 
Kata dia petugas Polsek Medan juga memberikan himbauan kepada pelajar tidak menuju ke Jalan Imam Bonjol Medan. "Kita hanya menginginkan aksi unjuk rasa mahasiswa itu berjalan kondusif dan aman," pungkasnya.(BS04)