Peristiwa

Masyarakat Medan Mau Sampaikan Keluhan ke Pemko, Pakai Aplikasi Medan Rumah Kita

Masyarakat Medan Mau Sampaikan Keluhan ke Pemko, Pakai Aplikasi Medan Rumah Kita
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Bagi masyarakat Medan yang memiliki keluhan ataupun aspirasi kepada Pemko Medan, dapat menggunakan aplikasi 'Medan Rumah Kita'. Melalui aplikasi ini, aspirasi maupun keluhan masyarakat kemudian akan disampaikan kepada OPD terkait.
 
Hal tersebut dikatakan Wali Kota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin SMSi MH diwakili Asisten Ekonomi Pembangunan Setda, Ir Khairul Syahnan didampingi Kadis Komunikasi dan Informatika Zain Noval SSTP MAP saat menerima kunjungan kerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati di Ruang Rapat I, Kantor Wali Kota Medan, Senin (29/07/2019).Rombongan Pemkab Pati ini terdiri dari antara lain Wakil Ketua DPRD Pati H Joni Kusmiarto, Kadis Kominfo Pati Indriyanto dan segenap pimpinan dan anggota Komisi C DPRD Pati. Kedatangan mereka bertujuan untuk mengetahui perkembangan pengelolaan dan kebijakan smart city di Medan.
 
Kadis Komunikasi dan Informatika Zain Noval mengungkapkan, aplikasi tersebut juga sudah diintegrasikan dengan SP4N-LAPOR! yang dikelola Kementerian PANRB. "Pengintegrasian ini dimaksudkan, agar permasalahan di Medan yang penyelesaiannya di luar kewenangan Pemko dapat diketahui oleh pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat," ujar Noval.
 
Selain itu, Noval juga menjelaskan secara rinci tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang dijalankan di Pemko Medan. Dia menyebutkan, Medan telah memiliki master plan Smart City yang juga menjadi lampiran dalam Peraturan Wali Kota Medan No 28 Tahun 2018. Selain itu, dalam Perwal ini juga terdapat road map Smart City Kota Medan, kajian Data Center dan Commmand Center.
 
Noval mengatakan, Dinas Kominfo Medan juga mempunyai Data Center yang berfungsi menyimpan seluruh data di Kota Medan. Data ini disimpan dalam server milik Pemko Medan. “Untuk secure, kita tidak menyewa kepada pihak swasta. Sedangkan tenaga pengelolanya kita rekrut secara terbuka,” terang Noval.
 
Noval merincikan, Dinas Kominfo mempunya empat tenaga ahli utama yang proses rekrutnya dilakukan bekerja sama dengan USU. Di samping itu, Dinas Kominfo Medan juga mempunyai tenaga ahli junior para programer yang juga direkrut secara terbuka.
 
Noval menambahkan, Dinas Kominfo Medan juga mengelola Command Center menjadi pusat data dan informasi. "Melalui Command Center, Wali Kota dapat segera mengetahui berbagai persoalan yang terjadi, termasuk serapan anggaran disetiap organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemko Medan," pungkasnya.(BS09)