Peristiwa

Massa Desak Poldasu Usut Kasus HGU PT Cinta Raja


Massa Desak Poldasu Usut Kasus HGU PT Cinta Raja
BERITASUMUT.COM/BS04
Beritasumut.com-Puluhan massa yang tergabung dalam Jaringan Masyarakat Mandiri (JMM) Sumut melakukan aksi demonstrasi ke Mapolda Sumatera Utara (Sumut), Rabu (21/11/2018). Aksi unjuk rasa ini mereka lakukan, untuk meminta Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto membentuk tim dan turun kelapangan melakukan investigasi terhadap PT Cinta Raja yang diduga tidak memiliki izin Hak Guna Usaha (HGU) terkait lahan seluas 65 Hektar yang mereka gunakan dalam bisnis kelapa sawit.
 
"Kami menduga PT Cinta Raja telah melakukan kecurangan, dimana dari 65 hektar luas lahan yang dimiliki, ada beberapa yang tidak memiliki HGU," kata Ketua Umum JMM Sumut Fahrul Rozi Harahap dalam orasinya.
 
Rozi menjelaskan, pemanfaatan lokasi tersebut berada di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) tepatnya di Desa Tarean, Desa Pamah, Desa Tapak Meriah, Kecamatan Silinda. "Semua lahan di desa tersebut digunakan sebagai lahan perkebunan kelapa sawit," ujarnya.
 
Maka dari itu, sambungnya, pihaknya meminta Kapolda Sumut untuk turun gunung mengusut tuntas dugaan luas lahan yang diduga berpotensi kecurangan ini. "Kami menduga pihak pengusaha PT Cinta Raja kebal hukum atas maklumat yang dikeluarkan Pak Kapolda Sumut beberapa waktu lalu mengenai pemberantasan premanisme," katanya.
 
Selain itu juga, sambung Rozi, perusahaan yang berlokasi di wilayah Kabupaten Sergai ini diduga telah memperlakukan para karyawan seperti budak yang dipekerjakan namun tidak menerima imbalan yang layak. "Kita menduga PT Cinta Raja tidak mengeluarkan dan membagikan bonus kepada karyawan sejak tahun 2015 sampai 2018. Perbuatan yang dilakukan pengusaha PT Cinta Raja ini telah melebihi seorang preman yang tidak memiliki moral," tegasnya.
 
Sementara itu, massa JMM yang melakukan aksi langsung berhenti ketika Bid Humas Polda Sumut Kompol RE Samosir menyambangi pendemo. Kepada pendemo, RE Samosir menyatakan bahwa aspirasi mereka akan disampaikan kepada pimpinan. "Nanti akan kita sampaikan ke pimpinan dan pihak Krimsus Polda. Apabila ditemukan tindakpidana, akan diproses," tandasnya. (BS04)

Tag:JMMLahan HGUPT CintarajaPerkebunan KelapasawitPoldasuSergai