Senin, 26 Februari 2018
  • Home
  • Peristiwa
  • Longsor Penambangan Pasir di Magelang Telan 16 Korban, 8 Diantaranya Meninggal Dunia
pilkada beritasumut.com

Longsor Penambangan Pasir di Magelang Telan 16 Korban, 8 Diantaranya Meninggal Dunia

Senin, 18 Desember 2017 20:30:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/ILUSTRASI
Beritasumut.com-Musibah longsor kembali terjadi di lokasi penambangan galian pasir di kawasan pertambangan galian C di Desa Kaliurang, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah pada Senin (18/12/2017) pukul 10.00 WIB. Padahal, saat kejadian berlangsung cuaca tidak hujan. Namun mendadak saat para penambang pasir dan batu bekerja menggali tebing, tiba-tiba terjadi longsor dan langsung menimbun para penambang yang sedang bekerja.
 
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menuturkan, tebing lereng sungai yang curam hasil erupsi Gunung Merapi ditambang untuk diambil pasir dan batu. Kondisi lereng hampir tegak lurus sehingga mudah longsor. "Longsor menimbun 16 orang, dimana 8 orang selamat dan 8 orang luka-luka. Diperkirakan masih terdapat penambang yang tertimbun longsor. Namun belum diketahui jumlahnya karena sejak awal tidak diketahui umlah pasti masyarakat yang sedang menambang pasir dan batu pada saat itu," paparnya melalui siaran persnya, Senin (18/12/2017).
 
Sutopo menambakan, BPBD Kabupaten Magelang Bersama TNI, Polri, Basarnas, Damkar, relawan dan warga terus melakukan evakuasi korban. Alat berat dikerahkan untuk mencari korban. Adapun 8 korban meninggal adalah Zaenudin (32) warga Dusun Kemburan, Desa Jumoyo, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang. Iwan Dwi (34) warga Dusun Kemburan, Desa Jumoyo, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang. Suparno warga Dusun Dermo, Desa Bringin, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang. Heri Setiawan warga Dusun Kemburan, Desa Bringin, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang. Sementara 4 korban masih dalam proses identifikasi.
 
Identitas korban luka-luka dan selamat adalah Herman (27) warga Dusun Kudusan, Desa Tirto, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Sukaedi (35) warga Dusun Kudusan, Desa Tirto, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Nur Kholik (20) warga Dusun Kudusan, Desa Tirto, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Harsoyo (30), warga Desa Ngeren, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Asnawi (22) warga Desa Garungan, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Samsuri (30) warga Dusun  Jamblangan, Desa Bringin, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang. Royani (30) warga Dusun Jamblangan, Desa Bringin, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang. Suyatno (38)  warga Kecamatan Godean Kabupaten Sleman DIY.
 
Sutopo menambahkan, kejadian musibah longsor ini bukan yang pertama kali. "Sebelumnya pernah juga terjadi beberapa kali penambang pasir tertimbun longsor di daerah Magelang. Kondisi tebing lereng yang ditambang yang hampir tegak lurus di kawasan pertambangan galian C ini juga membahayakan masyarakat sekitarnya. Namun demikian, penambangan masih terus berlangsung. Tentu sangat berbahaya, apalagi meningkatnya curah hujan akan makin mudah untuk terjadi longsor," pungkasnya. (Rel)
T#g:BNPBBPBDbencana alamJawa TengahMagelangPertambangan PasirSutopo PurwoNugrohoTanah longsor
ceritasumut.com
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • kemarin

    Sejumlah Bencana Longsor dan Banjir Terjang Beberapa Wilayah di Indonesia

    Beritasumut.com-Sejumlah insiden yang berujung pada bencana terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)

  • 2 hari lalu

    Banjir dan Longsor Landa Beberapa Wilayah, Puluhan Ribu Rumah Terendam

    Beritasumut.com-Banjir dan longsor terjadi di berbagai tempat di Jawa. Di saat pencarian, penyelamatan dan evakuasi korban longsor di Desa Pasir Pa

  • 2 hari lalu

    Mitra Pengemudi Grab Gotong Royong Bantu Pengungsi Letusan Gunung Sinabung

    Beritasumut.com-Sebagai ungkapan rasa solidaritas kepada warga yang terdampak erupsi Gunung Sinabung, Sumatera Utara, yang kembali meletus pada 19

  • 3 hari lalu

    Evakuasi Korban Longsor Terus Dilakukan, Berikut Identitas yang Berhasil Dihimpun Tim SAR Gabungan

    Beritasumut.com-Tim SAR gabungan hingga saat ini masih fokus pada upaya pencarian, penyelamatan dan evakuasi korban longsor di Desa Pasir Panjang,

  • 3 hari lalu

    Longsor di Brebes Telan 5 Korban Tewas, 15 Hilang dan 14 Selamat

    Beritasumut.com-Evakuasi korban longsor yang menimpa petani di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes Provinsi Jawa Tengah terus dil

  • Copyright © 2010 - 2018 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.