Peristiwa

Lion Air Rilis Kinerja Ketepatan Waktu 85,2% pada April dan 85,78% Kuartal I 2019


Lion Air Rilis Kinerja Ketepatan Waktu 85,2% pada April dan 85,78% Kuartal I 2019
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com–Lion Air (kode penerbangan JT) member of Lion Air Group merilis informasi baru sehubungan pencapaian tingkat ketepatan waktu (on time performance/ OTP) 85,2% sepanjang April 2019 dengan total 12.300 penerbangan dari rata-rata 400-420 frekuensi terbang per hari, yang dilayani ke lebih dari 51 kota tujuan domestik dan internasional.
 
Corporate Communications Strategic Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, melalui siaran persnya Senin (06/05/2019) mengatakan, OTP April tahun ini menunjukkan angka tertinggi atau meningkat 23% dibandingkan 69,2% di bulan yang sama pada 2018 dan 64,9% pada 2017. "Untuk OTP selama empat bulan berturut-turut (Januari – April/ kuartal pertama) 2019, Lion Air mencatatkan angka positif 85,78% atau naik sekitar 32,7% dari perolehan 65,3% di 2018 dan 64,6% di 2017 pada periode yang sama, dengan rerata 49.200 total penerbangan," ujarnya.
 
Data OTP, sambung Danang, adalah hasil laporan Integrated Operation Control Center (IOCC) Lion Air Group secara bersamaan dan tepat waktu (real time). Penghitungan berdasarkan pergerakan pesawat saat keberangkatan (departure) dan kedatangan (arrival) dalam waktu kurang 15 menit dari jadwal yang ditentukan di bandar udara skala besar dan menengah. "Pencapaian OTP 85,78% pada kuartal I/ 2019 merupakan tantangan dan peluang Lion Air dalam mempertahankan kinerja serta mempersiapkan ke level ketepatan waktu operasional terbaik," jelasnya.
 
Danang menuturkan, Lion Air turut menyampaikan apresiasi kepada travelers atas kontribusi mendukung ketepatan waktu penerbangan, mulai dari proses pelaporan (check-in) hingga tiba di tujuan. Hal tersebut mampu menunjang kelancaran operasional. "Pada kesempatan ini, Lion Air sangat berterima kasih atas peran aktif bekerja dalam membentuk ketepatan waktu dari seluruh kru peawat dan karyawan Lion Air di seluruh jaringan. Lion Air juga mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang sudah terlibat dan mendukung penuh terkait operasional Lion Air," imbuhnya.
 
Dalam langkah strategis, sebut Danang, mengenai tingkat ketepatan waktu, Lion Air senantiasa melaksanakan koordinasi dan komunikasi intensif yang mengikuti standar operasional prosedur (SOP) bersama pihak terkait. Lion Air menjalankan operasi pesawat udara sesuai aturan dan petunjuk dari pabrik pembuat pesawat, termasuk pemeliharaan pesawat, pengecekan komponen, pelatihan SDM, mengikuti prosedur ketentuan regulator.
 
Untuk mempersiapkan rencana perjalanan lebih awal, bagi travelers yang akan membawa bagasi dapat melakukan pembelian voucher bagasi (pre-paid baggage) melalui agen perjalanan (agent travel), www.lionair.co.id dan kantor penjualan tiket Lion Air Group. Pembelian bagasi harga lebih hemat dapat dilakukan pada saat dan setelah pembayaran tiket (issued ticket), ketentuan batas waktu maksimum enam jam sebelum keberangkatan.
 
"Setiap travelers (kecuali bayi), diperbolehkan membawa satu bagasi kabin (cabin baggage) dengan maksimum berat 7 kg dan satu barang pribadi (personal item) seperti tas laptop/ perlengkapan bayi/ bahan membaca/ kamera/ tas jinjing wanita (hand luggage) ke dalam kabin (hand carry), yang mengikuti aturan berlaku sesuai maksimum ukuran dimensi bagasi kabin," pungkasnya. (Rel)

Tag:Lion AirRilis Kinerjatiket pesawat