Peristiwa

Lestarikan Budaya, PMKK Langkat Gelar Acara Kenduri Banjar


Lestarikan Budaya, PMKK Langkat Gelar Acara Kenduri Banjar
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Rumah Adat Banjar yang berada di Kabupaten Langkat, satu-satunya di Sumatera Utara dan kedua di Indonesia setelah Rumah Banjar yang ada di Taman Mini Jakarta, di luar Pulau Kalimantan.
 
Hal ini dikatakan Bupati Langkat Terbit Rencana PA melalui Sekdakab Langkat dr H.Indra Salahudin pada acara kenduri Banjar Paduan Masyarakat Kulawarga Kalimantan (PMKK) Kabupaten Langkat tahun 2020, di Rumah Adat Banjar Jl Kartini Komplek Perkantoran Pemkab Langkat, Stabat, Senin (20/01/2020). 
 
Selain sebuah kebanggaan, sambung Sekda, hal ini juga sebagai bukti  di Langkat yang memiliki 14 etnis suku bangsa dapat hidup berdampingan secara rukun, menyatu dalam bingkai Bhinika Tunggal Ika.
 
Tak dipungkiri salah satu sebab kerukunan dan kesinambungan perayaan acara adat setiap suku hingga kini masih  terjaga di Bumi Bertuah, sebut Sekda, berkat dukungan dan sinergi dari Terbit Rencana dan H.Syah Afandin melalui visi misinya, yakni menjadikan Langkat yang berbudaya  melalui pengembangan pariwisata dan infrastruktur yang berwawasan lingkungan.
 
Salah satu tanda nyata dari upaya itu, Bupati Langkat menerima penghargaan dari  14 etnis yang ada di Langkat, sebagai  tokoh peduli etnis dan pariwisata Kabupaten Langkat, yang  diserahkan oleh ketua HIKMA Langkat Imam Fauzi, pada resefsi peringatan HUT Langkat ke 270, di Alun – Alun T.Amir Hamzah, Stabat, Jumat (17/01/2020).
 
Untuk itu, Sekda berharap, kegiatan budaya mengayun anak dengan tepung tawar sekaligus sunatan massal yang setiap tahunnya di laksanakan suku Banjar Langkat, terus dilestarikan. Sebab selain untuk mengingat asal kampung halaman, juga untuk terus memberikan doa kepada generasi, agar kelak mereka dapat tumbuh dan memiliki kemampuan, untuk menghadapi tantangan pada zamannya.
 
“Juga sebagai penghormatan kepada leluhur dalam manjaga budaya dan untuk mengenalkan tradisi ini kepada kaum muda,” ungkpanya.
 
Sembari memohon, agar suku Banjar pada lima tahun kedepan ikut serta dalam mewujudkan visi misi Bupati Langkat.
 
Sementara ketua PMKK Langkat, H. Bahrum Jamil menyatakan, bahwa suku Banjar Langkat siap membantu Bupati Langkat dalam mewujudkan visi misinya, yakni menjadikan Langkat yang maju, sejahtera dan religius melalui pengembangan pariwisata dan infrastruktur yang berwawasan lingkungan.
 
“Kami dari suku Banjar yang terdiri dari berbagai profesi, siap mendukung Bupati Langkat,” ungkapnya.
 
Sedangkan ketua panitia, Nuriadi selaku Camat Stabat, menyampaikan pada laporannya, acara kenduri ini sekaligus melaksanakan sunatan dan mengayunan sekaligus tepung tawar. Untuk sunat masal tahun ini diikuti oleh 50 peserta dan mengayunkan 51 balita. Kesemuanya itu gratis tanpa dipungut  biaya. Selain untuk melestarikan budaya leluhur, acara ini juga dalam rangka ikut memeriahkan HUT Langkat ke 270.
 
Turut hadir unsur Forkopimda Kabupaten Langkat, para pejabat Pmekab Langkat, TNI/Polri, ketua PWI Langkat, pemuka agama, tokoh masyarakat, tokoh etnis, para pimpinan Ormas, keluarga besar masyarakat Banjar Langkat dan undangan lainnya.(rel)

Tag:Pemkab LangkatBudayakenduri banjar