Sabtu, 19 Oktober 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Latihan Gabungan Uji Kesiapsiagaan TNI untuk Kampanye Militer

Latihan Gabungan Uji Kesiapsiagaan TNI untuk Kampanye Militer

Senin, 26 Agustus 2019 23:05:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Latihan gabungan merupakan latihan yang dilaksanakan untuk menguji kesiapsiagaan Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk melaksanakan kampanye militer dalam rangka menghadapi kemungkinan kontinjensi yang diperkirakan akan terjadi. Demikian amanat tertulis Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto SIP, yang dibacakan oleh Irjen TNI, Letjen TNI M Herindra MA MSc, pada upacara pembukaan Latihan Gabungan (Latgab) TNI tahun 2019 yang diikuti 469 Prajurit TNI (AD, AL, AU), bertempat di lapangan upacara Sudirman Sesko TNI, Lembang Bandung, Jawa Barat, Senin (26/08/2019).
 
Panglima TNI mengatakan bahwa Latihan Gabungan TNI merupakan latihan interoperabilitas antar Angkatan yang sangat strategis dengan melibatkan seluruh Satuan dan Alutisista untuk menguji kemampuan TNI dihadapkan dengan medan yang sebenarnya. “Demikian pula dengan Doktrin, Prosedur dan Organisasi TNI,” ucapnya.
 
Menurut Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, tema Latgab TNI tahun 2019 “Komando Gabungan (Kogab) TNI melaksanakan Kampanye Militer di Mandala Operasi, dalam rangka Menegakkan Kedaulatan dan Keutuhan Wilayah, Negara Kesatuan Republik Indonesia”, sudah sangat tepat.
 
Panglima TNI menegaskan agar seluruh satuan dan personel yang terlibat harus mampu melaksanakan seluruh materi yang dikembangkan, mulai dari tahap perencanaan dalam pelaksanaan geladi posko sampai dengan geladi lapangan. “Tingginya tuntutan interoperabilitas, saya yakin akan banyak hal baru dan menarik yang ditemukan saat pelaksanaan di lapangan nantinya. Saya berharap seluruh temuan tersebut menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan kemampuan TNI, khususnya dalam hal interoperabilitas di masa mendatang,” jelasnya.
 
Panglima TNI juga memberikan beberapa penekanan kepada para penyelenggara dan pelaku Latgab TNI tahun 2019, diantaranya laksanakan kegiatan latihan sesuai perencanaan yang telah dibuat dan dipaparkan; perhatikan detail pelaksanaan latihan termasuk dalam hal pengamanan personel dan Alutsista yang digunakan.
 
“Latihan puncak rencananya akan dihadiri oleh Presiden RI, maka tunjukkan kemampuan Alutsista TNI secara baik dan menarik serta laksanakan seluruh taktik, teknik, dan prosedur sesuai doktrin yang ada sehingga diperoleh umpan balik bagi penyempurnaan seluruh doktrin yang dimiliki oleh TNI,” ujarnya.
 
Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengucapkan terima kasih kepada Komandan Sesko TNI dan semua pihak yang telah menyiapkan pelaksanaan Latihan Gabungan TNI Tahun 2019. “Untuk itu, Saya berharap pelaksanaan Latihan Gabungan TNI ini dapat berjalan lancar dan aman, serta dapat mencapai tujuan latihan yang telah direncanakan,” katanya. (Rel)
T#g:Kampanye MiliterLatihan Gabunganpanglima TNI
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • kemarin

    Panglima TNI Tinjau Simulasi Pengamanan Pelantikan Presiden RI di Monas

    Beritasumut.com-Sebanyak 30.000 personel gabungan TNI-Polri akan diterjunkan untuk mengamankan Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Presiden dan Wakil

  • 2 hari lalu

    Panglima TNI: Marwah dan Nama Baik NKRI Dipertaruhkan Dalam Pelantikan Presiden RI

    Beritasumut.com-Marwah dan nama baik Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dipertaruhkan dalam pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI. Denga

  • satu minggu lalu

    Mukernas LVRI 2019, Panglima TNI Sebut Institusi TNI Paling Dipercaya Masyarakat Indonesia

    Beritasumut.com-Para Veteran selaku pendahulu Tentara Nasional Indonesia (TNI) telah meletakkan pondasi yang sedemikian kuat, sehingga TNI memiliki

  • satu minggu lalu

    TNI Kerahkan Pesawat Hercules dan Helikopter Angkut Pengungsi Kembali ke Wamena

    Beritasumut.com-Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan terus mengerahkan beberapa pesawat Hercules dan Helikopter untuk mendukung dan memfasilitasi

  • 2 minggu lalu

    Panglima TNI Jenguk Pengungsi di Wamena

    Beritasumut.com-Panglima TNI Marsekal TNI Dr (HC) Hadi Tjahjanto SIP, bersama Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam)

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.