Peristiwa

Lapangan Ujian SIM di Satlantas Polrestabes Medan Dikeluhkan Sempit dan Tak Memadai


Lapangan Ujian SIM di Satlantas Polrestabes Medan Dikeluhkan Sempit dan Tak Memadai
BERITASUMUT.COM/ILUSTRASI
SIM
Beritasumut.com-Sempit dan kurang memadainya kondisi lapangan uji praktek sepeda motor dan mobil, bagi pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM) di Jalan Adinegoro Medan, menjadi keluhan masyarakat. Pasalnya, belasan peserta yang ingin mendapatkan SIM di Satlantas Polrestabes Medan menilai luas lapangan uji praktek tersebut tidak memenuhi standar yang sesuai dengan Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 9 Tahun 2012 tentang SIM.
 
‎Para pemohon SIM berharap lokasi uji prakyek SIM di Satlantas Polrestabes Medan tersebut bisa dipindahkan ke lokasi yang lebih baik lagi. Berdasarkan informasi yang diperoleh, seharusnya lokasi tempat ujian prakyek hendaknya harus memenuhi persyaratan yang telah disertifikasi untuk dilaksanakan setiap materi ujian praktek. Bahkan menurut Perkap Nomor 9 Tahun 2012 tentang SIM, dimana seharusnya lebar lapangan ujian minimun 50 Meter dan panjang lapangan ujian minimun 100 Meter.
 
Wadi seorang pemohon SIM C yang ditemui di Satpas Satlantas Polrestabes Medan mengaku kalau dirinya sudah beberapa kali gagal dan tidak lulus dalam ujian praktek. Kata dia, kalau lapangan uji praktek tersebut sangatlah sempit dan dinilainya tidak memenuhi standart, sehingga menyulitkan bagi para pesertanya. Apalagi banyak jebakan untuk pemohon SIM.
 
"Peraturannya harus sesuai kompetensi kalau ingin punya SIM, namun luas lapangan untuk uji prakteknya saja belum memadai," terang Wadi.
 
Dia menuturkan, karenanya, ruang yang sempit untuk pemohon itu jangan dipertahankan, sebab masyarakat sangat membutuhkan SIM tersebut. "Memang sekarang biayanya murah, tapi untuk mendapatkan SIM C di Lantas sulit sekali," pungkasnya. (BS04)

Tag:kendaraanLapanganMedanPolrestabessatlantasSurat Izin MengemudiUjian SIM