Peristiwa

Lantik 14 Kades Terpilih, Bupati Labuhanbatu: Utamakan Kepentingan Masyarakat

Try Try
Lantik 14 Kades Terpilih, Bupati Labuhanbatu: Utamakan Kepentingan Masyarakat
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT secara resmi mengambil sumpah jabatan dan melantik 14 orang Kepala Desa (Kades) Terpilih di Ruang Data dan Karya Kantor Bupati Labuhanbatu. Pelantikan ini adalah pasca pemilihan Kades Serentak di Kabupaten Labuhanbatu pada tanggal 28 Desember 2019 lalu.
 
"Bahwa sumpah yang telah diucapkan merupakan tanggung jawab terhadap bangsa, negara dan Pancasila, dan sumpah yang merupakan tanggung jawab kepada kesejahteraan masyarakat, utamakanlah kepentingan masyarakat ketimbang pribadi, karena kehadiran kita disana sebagai pelayan masyarakat, bukan untuk di layani masyarakat," ujar Bupati dilansir dari laman labuhanbatukab.go.id, Minggu (16/02/2020) saat memberikan arahan.
 
Bupati juga mengingatkan kepada para Kades bahwa sumpah ini juga disaksikan oleh Allah SWT, karena itu, Bupati meminta Kades untuk mengembah amanah yang tertuang dalam sumpah tersebut. "Saya percaya saudara semua mampu menjalankan amanah sebaik baik nya dan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku," tegasnya.
 
"Jangan cepat merasa puas atau berbangga hati, jabatan adalah hanya bersifat sementara, dari itu pergunakan lah jabatan ini sebaik baiknya, ke depan saudara dihadapkan pada tugas-tugas yang sangat kompleks yang harus dilakukan, antara lain tugas di Bidang Penyelenggaraan Pemerintah Desa, Bidang Pembangunan Desa, Bidang Pemberdayaan Masyarakat, dalam implementasinya tugas tersebut bukanlah hal mudah namun dituntut keseriusan dan kesungguhan saudara," sambung Bupati.
 
"Tanda jabatan yang baru saya semat kan tadi mengandung makna yang sangat mendalam, Di pundak saudara saya titipkan amanah masyarakat yang ingin diayomi dan mendapat pelayanan yang terbaik dari saudara. Masyarakat menantikan kebijakan dan strategi yang akan saudara lakukan ke depan, sehingga mampu mengatasi berbagai permasalahan yang mereka hadapi," tambah Andi lagi.
 
lebih jauh Andi menyampaikan, ada sebagian kecil masyarakat yang tidak mendukung saat pemilihan dan begitu juga sebaliknya."Sejak pelantikan ini saya sampaikan bahwa saudara bukanlah Kepala Desa untuk sekelompok masyarakat, melainkan saudara adalah kepala desa untuk seluruh masyarakat. Perbedaan dalam demokrasi adalah hal yang biasa.Tetapi beranjak dari perbedaan-perbedaan itu, mari satukan pandangan dan jadikan satu potensi untuk menatap masa depan desa yang lebih baik kedepan," jelas Bupati.
 
Adapun dasar pelantikan tersebut keputusan bupati Labuhanbatu nomor 141/91 s.d 100/dpmd/2020 tanggal 5 Februari 2020 tentang pemberhentian pejabat kepala desa, pengesahan dan pengangkatan Kepala Desa terpilih pemilihan kepala desa serentak di kabupaten Labuhanbatu tahun 2019.
 
Ke empat belas kepala desa terpilih yang dilantik tersebut adalah Arifin Sinurat sebagai kepala desa terpilih Aek Buru selatan, Rully Alfan Hsb sebagai kepala desa Perbaungan, Masngut S.Sos, kepala desa Kampung dalam, Sardi Kepala desa Emplasmen, Sugeng Kepala Desa N -7 Aek Nabara, Legino Kepala Desa S-5 Aek Nabara, Katiman Kepala Desa Meranti, Zulfahmi Kepala Desa Perk.Bilah, Wahidin Kepala Desa Perk,A.Jamu, Sudiyanto Kepala Desa Sei Tawar, Bangkit Rambe Kepala Desa Bandar Tinggi, Supriyanto Kepala Desa Lingga Tiga, Muhammad Asmui kepala Desa Tampang,dan Syaprizal Kepala Desa Terpilih Sei Sanggul.
 
Kegiatan pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan yang dilakukan Bupati Labuhanbatu tersebut turut di hadiri Wakapolres Labuhanbatu Muhammad. Taufik, Kasdim 0209/LB Mayor ARH Muji Santoso, Ketua TP.PKK Rosmanidar Hasibuan, Ketua DPRD labuhanbatu Meyka Riyanti Siregar, para Asisten, kepala OPD,Staf Ahli, Kabag dan para Camat.(BS09)