Peristiwa

LSM Garda Sumut Pertanyakan Kasus Dugaan Korupsi di Dinas Pertanian Provsu

LSM Garda Sumut Pertanyakan Kasus Dugaan Korupsi di Dinas Pertanian Provsu
BERITASUMUT.COM/BS04
Beritasumut.com-Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Rakyat Daerah Sumatera Utara (LSM Garda Sumut) mempertanyakan kejelasan stasus dugaan korupsi di Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Utara (Provsu) yang merugikan keuangan negara miliaran rupiah. Pasalnya, temuan tersebut telah di laporkan sejak Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kajatisu) dijabat H M Husni.
 
"Adanya dugaan korupsi pada tahun anggaran (TA) 2009 yang mencapai Rp 40 miliar lebih dan TA 2010 mencapai Rp 80 miliar lebih khususnya pada kegiatan pengadaan hendtraktor, bibit jagung, bibit padi, pembangunan irigasi, pembangunan jalan pertanian, rehab gedung kantor dan lainnya," kata Ketua LSM Garda Sumut Arief Tambuse di kantor Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) Jalan AH Nasution Medan, Rabu (28/03/2018). 
 
Didampingi Sekertaris Jenderal Tricky Halabanta Nasution SH, Arief menduga dengan adanya sistem yang disinyalir dibangun oleh oknum Dinas Pertanian Provsu terhadap instansi penegak hukum di Sumut, semakin kental dugaan perbuatan tindak melawan hukum di Dinas Pertanian Provsu semakin merajalela. 
 
Arief menyebutkan, hal ini ditandai pada kegiatan yang kuat dugaan juga telah merugikan keuangan negara yang bersumber dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) TA 2011, APBN TA 2012 dan ABBD TA 2012.Kegiatan bersumber dana APBD 2011, lanjut Arief, yakni pengadaan note book, pengadaan AC gedung perpustakaan dan ruang kerja, pengadaan mesin genset, pengadaan mobil micro bus, pengadaan mobil untuk kepala bagian dan UPT, pengadaan almari, komputer, meja, kursi, meja dan sofa. 
 
Kemudian, lanjutnya, pengadaan bibit jagung, padi, palawija, durian, pupuk organik non subsidi, pembangunan jalan lingkungan kantor Dinas Pertanian Provsu, pembangunan gedung perpustakaan Dinas Pertanian Provsu, renovasi gedung Dinas Pertanian Provsu, renovasi bangunan guest house Dinas Pertanian Provsu, renovasi ruang kerja staf kantor, renovasi aula Dinas Pertanian Provsu, rehab parkir kenderaan pada Dinas Pertanian Provsu dan pemeliharaan pada pintu pagar dan pos satpam, drenase, rehab pagar pengaman, rehab gedung barang dan renovasi garasi kenderaan dinas.
 
Kepala Seksi (Kasi) 2 Bidang Intelijen Kejatisu Oki Yudhatama menyarankan pihak LSM Garda Sumut membuat laporan tertulis. Mendengar hal itu sempat terjadi bersitegang karena LSM Garda Sumut sudah melaporkan secara prosedur yang kedua kalinya dan diterima Kasi Penkum Sumanggar Siagian. "Kesannya laporan yang kami ajukan 'dimakan' oknum yang berlindung di baju jaksa Kejatisu," kesal Arief mempertanyakan kasus tersebut.(BS04)