Peristiwa

LP3 PKK dan TPK3 PKK Kota Medan Tahun 2014 Digelar


LP3 PKK dan TPK3 PKK Kota Medan Tahun 2014 Digelar
Asisten Kesejahteraan Masyarakat Erwin Lubis membuka LP3 PKK serta pelatihan TPK3 PKK Kota Medan Tahun 2014. (Ist)
Medan, (beritasumut.com) – Pelaksana Tugas Walikota Medan diwakili Asisten Kesejahteraan Masyarakat Erwin Lubis membuka Latihan Pengelolaan Program dan Penyuluhan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (LP3 PKK) serta pelatihan Tim Penggerak PKK dan Ketua Kelompok-Kelompok PKK (TPK3 PKK) Kota Medan Tahun 2014 di Gedung Serba Guna TP PKK Kota Medan Jalan Sei Rotan, Medan, Rabu (14/5/2014).

Erwin menjelaskan, PKK mempunyai kedudukan dan peran penting dalam proses pemberdayaan masyarakat, terutama dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga. Berbagai program kegiatan program kegiatan pemberdayaan yang dilakukan, harus diakui merupakan rintisan PKK dan program-program yang bersumber dari pemerintah.

Untuk itu sebagai wadah kegiatan bagi para wanita dan ibu rumah tangga, Erwin berharap PKK Kota Medan mampu memotret permasalahan maupun potensi yang ada di kalangan wanita maupun ibu rumah tangga. Sebab, ibu rumah tangga maupun wanita yang akan menjadi ibu rumah tangga merupakan tonggak dalam kehidupan keluarga sehingga harus menjadi pilar penting dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga.

“Jadi pelatihan yang dilaksanakan ini saya pandang cukup baik dan bermanfaat, guna membangun pola pikit dan wawasan kader-kader PKK sehingga diharapkanj mampu mengikuti kemajuan dan gerak langkah pembangunan kota,” kata Erwin.

Eldin selanjutnya mengungkapkan, pelatihan ini memiliki tujuan yakni untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan para pengurus TP PKK Kota Medan, TP PKK Kecamatan dan Kelurahan dalam pengelolaan gerakan PKK melalui 10 Program Pokok PKK. Selain itu untuk membangun persamaan persepsi dalam mengemban tugas secara profesional dan eksis.

Oleh karenanya Erwin berharap kepada seluruh peserta agar benar-benar mengikuti pelatihan tersebut. “Gunakan kesempatan untuk bertanya dan menggali pengetahuan dari para narasumber. Mudah-mudahan seusai mengikuti pelatihan ini, seluruh jajaran TP PKK Kota Medan semakin cerdas melakukan gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga di Kota Medan,” harapnya.

Sebelumnya Plt Ketua TP PKK Kota Medan diwakili Wakil Ketua III Asmalita dalam sambutannya mengatakan, guna mewujudkan pembangunan yang merata tentunya harus menjangkau sampai kepada bagian terkecil dari masyarakat yaitu keluarga. Karenanya, pemerintah harus memiliki mitra kerja yang berkompeten.

Dikatakan Asmalita, sebagai mitra pemerintah, PKK harus mampu memberikan peran bantu yang signifikan. Untuk itu PKK selalu akan meningkatkan kualitas gerakannya. Berkenaan dengan hal itu diperlukan pemantapan pengelolaan gerakan PKK dengan memanfaatkan sumber daya yang lebih berdaya guna dan berhasil guna.

“Untuk mewujudkan hal ini, TP PKK menggelar pelatihan LP3 PKK dan TPK3 PKK. Dengan digelarnya kegiatan ini diharapkan dapat menajamkan gerakan TP PKK Kota Medan hingga tingkat  kecamatan sebagai lini terdepan, terutama dalam meningkatkan manajemen pengelolaan, administrasi dan ketrampilan,” jelas Asmalita.

Selain itu, tambahnya, kehadiran motivator-motivator terdepan para Ketua Tim penggerak PKK Tingkat Kecamatan dan Kelurahan, maka diharapkan bisa menggerakkan masyarakat melalui sepuluh program pokok PKK. Di samping itu untuk peningkatan konsolidasi dan pemaparan program kerja pada rapat konsultasi.

Acara pelatihan ini diikuti sekitar 150 peserta  yang terdiri atas pengurus TP PKK Kota Medan sebanyak 8 orang, Ketua TP PKK Kecamatan se Kota Medan 21 orang, Sekretaris TP PKK Kecamatan se Kota Medan 21 orang, Ketua Pokja di masing-masing kelurahan berjumlah 60 orang.

Sebagai narasumber panitia mengundang pembicara dari TP PKK Kota Medan, Yakni Nurhaida, Zulfikar Siregar, Nur Asli dan Neng Zainab dengan materi kelembagaan, administrasi PKK dan paparan masing-masing pokja. Pelatihan ini dilangsungkan mulai 14-26 Mei. (BS-001)

Tag: