Kamis, 17 Oktober 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Kwarcab Pramuka Medan Gelar Gemapanitra Memperebutkan Piala Wali Kota Medan

Kwarcab Pramuka Medan Gelar Gemapanitra Memperebutkan Piala Wali Kota Medan

Jumat, 20 September 2019 09:00:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/BS07
Beritasumut.com-Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Medan menggelar Gebyar Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Putra-Putri (Gemapanitra) tahun 2019 di Lapangan Pramuka Cadika, Medan Johor, Kamis (19/01/2019). 
 
Gemapanitra ini diawali dengan Upacara Pembukaan yang dipimpin oleh Wali Kota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH selaku Ka Mabicab Gerakan Pramuka Kota Medan diwakili Kadis Pertamanan dan Kebersihan, M Husni SE sebagai Ka Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Medan.
 
Gemapanitra 2019 yang memperebutkan piala Wali kota Medan ini diikuti sebanyak 758 orang pramuka penegak dan pendega. Selain dari Kota Medan, peserta juga berasal dari Kwarcab Pramuka Toba Samosir, Deli Serdang, Aceh Utara dan Aceh Timur. Dalam Gemapanitra tersebut para peserta akan mengikuti serangkaian perlombaan kegiatan kepramukaan yang difokuskan pada pengembangan minat dan bakat diri sehingga nantinya dapat ikut serta membangun masyarakat.
 
Dalam sambutan Ka Mabicab Medan yang dibacakan, Ka Kwarcab Medan bahwa kegiatan ini merupakan wadah berkumpulnya pramuka penegak dan pendega yang berasal dari dalam dan luar Kota Medan. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan kegiatan kepramukaan yang kuat, kreatif dan berkarakter.
 
"Pramuka penegak dan pendega penuh dengan dinamika psikologis karena mereka umumnya berusia 17 sampai 25 tahun. Tentunya usia tersebut merupakan usia yang indah dan penuh tantangan. Itu sebabnya di usia ini, pramuka penegak dan pandega diuji untuk menentukan pilihan aktifitas yang berguna bagi diri mereka pada masa depan kelak," kata Husni.
 
Menurut Ka Kwarcab, pada usia tersebut para Pramuka penegak dan pandega juga harus ditempa menjadi calon-calon pemimpin bangsa pada masa yang akan datang. Oleh sebab itu kegiatan kepramukaan yang digelar dalam Gemapanitra Kota Medan difokus untuk pengembangan minat dan bakat.
 
"Selamat bertanding dan senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dan sportifitas. Sebab, inti kegiatan perlombaan ini untuk membangun jiwa berkompetisi yang sportif, membina kebersamaan serta membentuk insan pramuka yang tangguh dan berkarakter," ungkap Husni.
 
Selanjutnya dalam Pembukaan Gemapanitra 2019 yang ditandai dengan pelepasan balon ini juga ditandai denga. Penyematan Pin Penghargaan dan Pin tanda Peserta yang dilakukan Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka.Adapun kegiatan yang diperlombakan dalam Gemapanitra 2019 Kota Medan diantaranya giat ketrampilan kepramukaan (scouting skill), giat kebudayaan, giat kesenian dan kegiatan permainan tradisionil.(BS07)
T#g:GemapanitraKwarcab Medanpramuka
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Jambore II MKKS Kota Malang Resmi Dibuka

    Beritasumut.com-Damenarmed 1/PY/2-Kostrad, Kolonel Arm Didik Harmono meresmikan Jambore II MKKS SMP Swasta Kota Malang di Lapangan upacara Menarmed

  • satu bulan lalu

    Bupati Minta Pramuka di Labura Jauhi Narkoba dan Peduli Lingkungan

    Beritasumut.com-Bupati Labuhanbatu Utara (Labura) H Kharuddin Syah SE selaku Ketua Mejelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Labura diwakili Kepala

  • 2 bulan lalu

    Kwarda dan Kwarcab se-Sumut Diminta Persiapkan Jambore Daerah 2020

    Beritasumut.com-Peringatan Hari Pramuka ke-58 dan Apel Besar Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Utara (Sumut) berlangsung meriah, di Lapangan

  • 2 bulan lalu

    Hari Pramuka ke-58, Prajurit Pamtas RI-PNG Berikan Materi Bela Negara ke Pelajar SMP

    Beritasumut.com-Prajurit TNI Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Republik Indonesia-Papua Nugini (Satgas Pamtas RI-PNG) dari Batalyon Infanteri Meka

  • 2 bulan lalu

    Panglima TNI Hadiri Apel Besar Hari Pramuka Ke-58 Tahun 2019

    Beritasumut.com-Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto SIP, menghadiri Apel Besar Hari Praja Muda Karana (Pramuka) ke-58 tahun 2019 di Lapangan

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.