Peristiwa

Kunjungi Galery Maharani, Zaskia Sungkar Berencana Kolaborasi Desain Batik Medan

Kunjungi Galery Maharani, Zaskia Sungkar Berencana Kolaborasi Desain Batik Medan
BERITASUMUT.COM/IST
Koleksi batik Rita Maharani.
Beritasumut.com-Batik Medan dan Songket Deli tampaknya semakin diminati, hal ini terbukti dengan kunjungan artis Ibukota Zaskia Sungkar bersama suaminya Irwansyah ke Maharani Collection yang berada di Jalan Rotan, Kecamatan Medan Petisah, Sabtu (17/12/2016). 
 
Kehadiran pasangan suami istri selebriti ini guna melihat koleksi-koleksi Galeri Rita Maharani yang terkenal dengan Batik Medan dan Songket Delinya.Selain melihat langsung koleksi Batik yang di desain Ketua Dekranasda Kota Medan Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin, Zaskia Sungkar juga mengenakan Batik Medan yang khusus dirancang untuknya. Baju batik berwarna dasar biru dongker dengan tema batik becak khas medan membuat dara yang juga saat ini menekuni profesi desainer semakin terlihat cantik dan anggun.
 
Rita mengungkapkan dirinya mengapresiasi dan berterima kasih atas kunjungan Zaskia Sungkar bersama Irwansyah ke Galeri ini. Tentunya dengan kunjungan ini Batik Medan dapat semakin dikenal, Bukan hanya di Sumatera Utara tetapi seluruh Indonesia bahkan Internasional.
 
"Sesama memiliki keahlian dalam mendesain baju khususnya batik, Saya dan Zaskia dapat bertukar pikiran dalam mendesain baju atau batik. Atas dasar itu saya berterima kasih atas kunjungan Zaskia ke Galery Maharani ini", kata Rita seperti yang dilansir dari laman pemkomedan.go.id, Minggu (17/12/2016).
 
Dijelaskan Rita, batik yang dikenakan Zaskia Sungkar adalah motif becak khas Medan dan batik yang dikenakan beliau bermotif tepak melayu yang memiliki arti digunakan disaat acara adat melayu. "Seluruh Motif Batik Medan yang ada di galeri ini memiliki khas dan ceritanya. Hal ini yang membuat Batik Medan dan Songket Deli berbeda," jelas Rita.
 
Dengan kunjungan Zaskia sungkar ini, Rita Maharani yang juga merupakan Ketua TP PKK Kota Medan berharap artis ibukota yang juga berbakat dalam dunia designer ini dapat mempromosikan Batik Medan dan Songket Deli ke seluruh Indonesia. "Saya berharap Batik Medan dapat terkenal, apalagi Zaskia memiliki bakat mendesain dan hasil desainnya banyak peminatnya. Tentunya beliau dapat memperkenalkan batik Medan dan Songket Deli kepada seluruh pelanggannya," harap Rita.
 
Sementara itu, Zaskia Sungkar mengungkapkan dirinya sangat bangga Medan memiliki Batik sendiri yang dikenal dengan Batik Medan. Tentunya batik hasil desain Ibu Walikota Medan yang banyak mengangkat motif dari budaya lokal dapat menjadi daya tarik bagi peminat batik.
 
"Banyak motif batik yang ada di galery ini, baik itu motif alam dan budaya maupun motif kontemporer. Tentunya dengan beragam motif ini semua kalangan dapat mengenakan batik hasil karya ibu Walikota Medan ini," kata Zaskia.
 
Menurutnya dengan kunjungan ke Galery Maharani ini, dirinya banyak belajar sebab batik medan memiliki filosofi tersendiri dan mengangkat motif sejarah dan budaya lokal di medan dan Sumatera Utara. "Ke depan saya dan Ibu Walikota berencana akan mencoba berkolaborasi mendesain batik. Artinya hasil dari pemikta yang nantinya akan menghasilkan karya yang dapat menambah koleksi batik di Indonesia," ungkap Zaskia. (BS03)