Sabtu, 22 Februari 2020
  • Home
  • Peristiwa
  • Kota Medan Kembali Mendapatkan Penghargaan Kota Layak Anak 2019 Kategori Pratama

Kota Medan Kembali Mendapatkan Penghargaan Kota Layak Anak 2019 Kategori Pratama

Rabu, 24 Juli 2019 16:00:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Pemerintah Kota Medan Kembali Mendapatkan Penghargaan Kota Layak Anak (KLA) Kategori Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. Penghargaan membanggakan itu diberikan karena Pemko Medan dinilai sangat berkomiten dan sangat peduli dalam memenuhi hak dan perlindungan terhadap anak.
 
Penghargaan KLA Kategori Pratama ini diberikan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Yohana Susana Yambise kepada Wali Kota Medan, Drs HTDzulmi Eldin S MSi MH diwakili Kadis PA3APM, Khairunnisa Mozasa pada Acara Puncak Hari Anak Nasional 2019 di Hotel Four Point, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Selasa (23/07/2019).
 
Kota layak anak merupakan program yang mendorong pemerintah daerah untuk meningkatkan kepahaman kepada keluarga, masyarakat, dan media di wilayahnya terkait upaya pemenuhan hak anak. Di satu sisi, pemerintah daerah didorong melakukan berbagai kebijakan, program, dan kegiatan yang menjamin agar hak-hak anak dapat dipenuhi.
 
Secara garis besar, terdapat lima klaster hak anak, yakni hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan, pemanfaatan waktu luang, dan kegiatan budaya, serta perlindungan khusus.
 
Atas dasar itu Pemerintah Kota Medan, Jelas, Kadis PA3APM, Khairunnisa, Pemko Medan terus berkomitmen menjadikan Kota Medan sebagai kota layak anak. Dalam mewujudkannya, Kota Medan meningkatkan pelayanan dan fasilitas mulai dari tingkat kelurahan dan tempat-tempat umum.
 
Kemudian lanjut Khairunnisa, Wali Kota Medan, menerbitkan Surat Keputusan tentang pembentukan Gugus Kota Layak Anak Kota Medan yang mempunyai tugas diantaranya mengkoordinasikan pelaksanaan kebijakan dan pengembangan KLA. Kemudian melakukan sosialisasi, advokasi, informasi dan edukasi kebijakan KLA.
 
"Semua yang dilakukan Pemerintah Kota ini demi anak- anak yang merupakan generasi penerus bangsa, yang juga termasuk penerus dalam pembangunan di Kota Medan. Oleh karenanya kita harus berupaya memenuhi segala hak anak sekaligus memberikan perlindungan terhadap mereka,” jelas Khairunnisa.
 
Selanjutnya, Dijelaskan Kadis PA3APM, demi mempertahankan predikat yang diraih tersebut pihaknya akan terus melakukan berbagai upaya. Antara lain penguatan sinergisitas dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta implementasi program KLA di kelurahan dan kecamatan.
 
“Yang perlu menjadi perhatian, saat ini indikator penilaian KLA lebih terukur. Untuk itu, strateginya kita harus melakukan evaluasi guna mengetahui apa saja yang masih kurang. Itulah yang nantinya akan kita sinergikan dengan seluruh dinas, sehingga tahun depan bisa mendapatkan hasil yang lebih baik,” ujarnya.
 
Selain Kota Medan, Kabupaten/Kota yang ada di Sumatera Utara yang juga menerima penghargaan KLA diantaranya, Kabupaten Labuhan Batu, Kabupaten Labuhan Batu Utara, Kabupaten Dairi, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Karo, Kota Sibolga, Kota Padang Sidempuan dan Kota Tebing Tinggi. Kemudian pada tahun ini Penghargaan KLA diberikan kepada 200 Kabupaten/Kota Se-Indonesia.(rel)
T#g:KLAkota layak anakpenghargaan
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 4 minggu lalu

    KPU Deli Serdang Serahkan Penghargaan Kepada Bupati

    Beritasumut.com-Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Deli Serdang  Timo Dahlia Daulay  didampingi sejumlah Komisioner, memberikan

  • satu bulan lalu

    Telusuri Peredaran Narkoba di Klambir V, Polsek Helvetia dan Muspika Patroli Berjalan Kaki

    Beritasumut.com–Polsek Medan Helvetia bekerjasama dengan Muspika setempat melakukan aksi Patroli Jalan Kaki ke lokasi daerah terindikasi nark

  • 2 bulan lalu

    Pelaku UMKM Pematangsiantar Terima Penghargaan Pramakarya

    Beritasumut.com-Pengusaha Kyan Ulos binaan Disnaker Pemko Pematangsiantar meraih penghargaan Paramakarya Tingkat Nasional bidang tenaga kerja. Peng

  • 2 bulan lalu

    Wujudkan Kabupaten Heterogen dan Multietnik, Langkat Kembali Raih Piagam Peduli HAM

    Beritasumut.com-Meski terdiri dari 14 etnis, Langkat dibawah kepemimpinan  Bupati dan Wakil Bupati Terbit Rencana PA dan H Syah Afandin, mampu

  • 2 bulan lalu

    Untuk Ketiga Kalinya, Bupati Deli Serdang Terima Penghargaan Peduli HAM

    Beritasumut.com-Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan kembali menerima penghargaan sebagai Kabupaten  yang peduli  terhadap  HAM&nbs

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.