Peristiwa

Komite Sekolah Terima Penghargaan dan Tali Asih Dari Dewan Pendidikan

Komite Sekolah Terima Penghargaan dan Tali Asih Dari Dewan Pendidikan
Istimewa
Ketua DP Tapsel Drs H Ali Adanan Nasution menyerahkan penghargaan dan tali asih kepada komite sekolah dibawah naungan Kemenag Kabupaten Tapsel.
Beritasumut.com - Sebagai bentuk kepedulian terhadap dunia pendidikan, Dewan Pendidikan (DP) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) memberikan penghargaan dan tali asih kepada komite sekolah di bawah naungan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tapsel, mulai dari sekolah tingkat Ibtidayah, Tsanawiyah dan Aliyah baik negeri maupun swasta se Kabupaten Tapsel di Aula Budi Luhur, Jalan Kenanga, Padangsidimpuan, Senin (30/11/2015).
 
Penghargaan dan bantuan tali asih kepada komite sekolah tersebut diserahkan langsung oleh Ketua DP Tapsel Drs H Ali Adanan Nasution, disaksikan Sekretaris H Darwin Pulungan SAg, Kepala Kantor Kemenag Tapsel Drs H Syarifuddin Siregar MM, Anggota DPRD Tapsel Nurhayati Pane serta para pengurus DP Tapsel, yang dirangkai dengan sosialisasi DP dengan narasumber Zul Anwar Azim MA dari DP Tapsel.
 
Ketua DP Tapsel Drs H Ali Adanan Nasution dalam sambutannya mengtakan, peran komite sekolah sangat strategis, selain menampung segala tuntutan dan berbagai kebutuhan di sekolah itu, juga memberikan masukan, pertimbangan, dan rekomendasi kepada sekolah  terkait apa-apa saja yang perlu di sekolah itu.
 
Selain itu, juga diimbau aktif mencari sumber dana tambahan dengan menjalin mitra dari luar sekolah maupun mencari dana yang bersumber dari komite sekolah itu sendiri, yang berkontribusi dalam pembangunan prasarana maupun sarana di sekolah yang bertujuan untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan anak didik.
 
"Saya mengharapkan agar komite di sekolah-sekolah yang berada di bawah naungan Kemenag seperti, MDA, MI, MI, MTs, MA yang ada di Kabupaten Tapsel diminta aktif dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya baik sebagai pendidik maupun sebagai pengawas sekolah," harap Ali Adanan.
 
Sementara itu, Kakan Kemenag Tapsel Drs H Syarifuddin Siregar MM menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan DP Tapsel ini. Kegiatan ini diharapkan dapat menghimpun berbagai permasalahan yang menyangkut dunia pendidikan yang muncul di masyarakat, sekaligus mencari format solusinya.
 
Pihaknya selaku instansi pemerintah yang membawahi sekolah berbasis agam Islam ini sangat berterima kasih atas kegiatan ini, sehingga dijadikan motovasi bagi komite sekolah untuk memajukan sekolahnya masing-masing dan kemajuan pendidikan di Tapsel.
 
Sebelumnya, Zul Anwar Azim MA dalam menyampaikan paparan sosialisasinya mengatakan, keberadaan DP merupakan badan yang mewadahi peran serta masyarakat dalam peningkatan mutu, pemerataan dan efisiensi pengelolaan pendidikan.
 
"Salah satu tujuan berdirinya DP adalah untuk mewadahi dan menyalurkan aspirasi dan prakarsa masyarakat dalam melahirkan kebijakan dan program pendidikan yang bermutu, meningkatkan tanggungjawab dan peranserta aktif dari seluruh lapisan masyarakat dan menciptakan suasana, kondisi transparan, akuntabel, demokratis dalam penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan yang bermutu," ujarnya.

Ketua Panitia Umar Halomoan Daulay SPd melaporkan, selain untuk menjalin silaturahmi antar-sesama komite sekolah, kegiatan ini sekaligus memberdayakan peran dan fungsi DP dengan Komite Sekolah dalam upaya menghimpun permasalahan pendidikan di masyarakat serta mencari solusi atas permasalahan tersebut. (BS-029)