Rabu, 17 Juli 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Ketua TP PKK Sumut Apresiasi Program Literasi PKK Daerah

Ketua TP PKK Sumut Apresiasi Program Literasi PKK Daerah

Selasa, 18 Juni 2019 12:00:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/BS03
Beritasumut.com–Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Nawal Edy Rahmayadi mengapresiasi program literasi yang dilaksanakan oleh PKK di daerah. Seperti yang dilakukan Kota Binjai dengan program Dasa Wisma Literasi berhasil menjadi satu satu nominasi tingkat nasional.
 
Hal itu disampaikan Nawal ketika mendampingi Tim Verifikasi Lapangan Lomba Pelaksana Terbaik Tingkat Nasional Tertib Administrasi PKK di Kampung Literasi, Kelurahan Sumber Karya, Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai, Senin (17/06/2019). Lomba ini digelar dalam rangka Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 47 tahun 2019.
 
Menurut Nawal, peran TP PKK sudah seharusnya membangun budaya literasi masyarakat. TP PKK mulai dari tingkat terbawah hingga teratas melakukan fungsinya sebagai pembangunan keluarga.
 
"TP PKK mulai dari desa, kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, hingga provinsi adalah penggerak literasi keluarga, ini sesuai dengan program Sumut Bermartabat yakni membangun pendidikan masyarakat Sumut," ujar Nawal.
 
Turut serta  dalam kegiatan tersebut Tim Verifikasi Nasional yang berasal dari TP PKK Pusat, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumut Aspan Sofian, Ketua TP PKK Binjai Lisa Andriani dan rombongan.
 
Rombongan meninjau Dasa Wisma Anggrek yang terletak Lingkungan II, Kelurahan Sumber Karya Binjai. Dasa wisma adalah kelompok ibu-ibu berasal dari 10 kepala keluarga (KK) rumah yang bertetangga untuk mempermudah jalannya suatu program. Dasa wisma tersebut menonjolkan lingkungannya sebagai Dasa Wisma Literasi. Sewaktu rombongan tiba, tampak anak-anak yang melakukan kegiatan literasi seperti membaca buku dan mewarnai gambar.
 
Nawal mengapresiasi Dasa Wisma Literasi tersebut. Menurutnya, kegiatan literasi tersebut dapat mempercepat pembangunan dalam rangka mewujudkan masyarakat Sumut Bermartabat dalam pendidikan, karena masyarakatnya yang terpelajar, berkarakter, cerdas, kolaboratif, berdaya saing, dan mandiri.
 
Kaum ibu, kata Nawal, adalah yang paling dekat dengan masyarakat. Untuk itu, program literasi yang digagas Dasa Wisma Anggrek dapat mempercepat pembangunan masyarakat, khususnya anak-anak di daerah tersebut. "Kaum ibu adalah agen penggerak yang dapat membawa perubahan bagi pembangunan manusia di satu daerah," katanya
 
Asisten Pemerintahan Walikota Binjai Otto Harianto yang mewakili Walikota Binjai Muhammad Idaham mengatakan, Kota Binjai memiliki 2.558 kelompok dasa wisma. Kota Binjai juga saat ini memiliki aplikasi online bernama e-Dasa Wisma yang bertujuan untuk mempercepat terwujudnya keluarga sejahtera.
 
“Kami mengharapkan tim verifikasi dapat memberi masukan kepada PKK Binjai. Agar program-program PKK dapat berjalan atau terlaksana dengan baik dan tepat sasaran,” ujarnya.(BS03)
T#g:Gerakan PKKPKKTP PKK
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 4 hari lalu

    Ketua TP PKK Deli Serdang Terima Penghargaan Bakti Koperasi 2019

    Beritasumut.com-Ketua TP PKK Deli Serdang, Ny Hj Yunita Ashari Tambunan menerima penghargaan Bakti Koperasi dari Menteri dan Koperasi Usaha Kecil d

  • 6 hari lalu

    Kapal Ikan Helong 04 Tenggelam di Perairan Bisolo, 2 Korban Dalam Pencarian Basarnas dan Bakamla

    Beritasumut.com-Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Kupang Bakamla bersama Basarnas Kupang melanjutkan operasi bersama. Operas

  • 6 hari lalu

    Ketua TP PKK Deli Serdang Akan Menerima Penghargaan Bakti Koperasi Tahun 2019

    Beritasumut.com-Ketua TP PKK Deli Serdang, Ny Hj Yunita Ashari Tambunan akan menerima penghargaan Bakti Koperasi dari Menteri Koperasi Usaha Kecil

  • 2 minggu lalu

    PKK Kabupaten Pakpak Bharat Lakukan Sosialisasi dan Pelatihan Pengolahan Sampah di Desa Perjaga

    Beritasumut.com-Desa Perjaga, Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe, yang merupakan Desa Binaan TP PKK Kabupaten Pakpak Bharat, mendapat kehormatan men

  • 4 minggu lalu

    Ketua TP PKK Kota Medan Apresiasi YPAC yang Sediakan Ruang Keterampilan dan Kolam Hydrotherapy YPAC

    Beritasumut.com-Ketua TP PKK Kota Medan, Rita Maharani Dzulmi Eldin SH meresmikan Ruang Keterampilan dan Kolam Hydrotherapy Yayasan Pembinaan Anak

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.