Peristiwa

Kesbangpol Gelar Pembinaan Orkemas se-Tobasa

Kesbangpol Gelar Pembinaan Orkemas se-Tobasa
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Organisasi Kemasyarakatan (Orkemas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) adalah yang disebut juga Non Governmental Organization (NGO) adalah dua potensi besar atau kekuatan besar  untuk bersama-sama dengan pemerintah memba-ngun Kabupaten Toba Samosir ini.
 
Hal ini dikatakan Wakil Bupati Toba Samosir Ir Hulman Sitorus MM saat membuka acara Pembinaan Organisasi Kemasyarakatan (Orkemas)  se-Kabupaten Toba Samosir di Balai Data Kantor Bupati.
 
Wabup Hulman menjelaskan bahwa Orkemas/LSM merupakan wadah bentukan masyarakat yang dilindungi Undang-undang, secara sukarela dalam menjalankan kebebasan berserikat, berkumpul dan mengeluarkan pendapat, sebagai partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Karenanya Orkemas/LSM juga merupakan media penyaluran informasi dalam menjalankan kebijakan publik ditengah masyarakat di Kabupaten Toba Samosir. 
 
“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini karena untuk menyelesaikan masalah walaupun belum optimal setiap hari, menyelesaikannya dengan bantuan informasi dari LSM,” ujar Wabup dilansir dari laman resmi tobasamosirkab.go.id, Minggu (11/06/2017).
 
Selanjutnya Wabup mengajak seluruh pengurus LSM dan semua pihak untuk ikut berperan aktif dalam mendukung penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan.
 
Kegiatan ini dilaksanakan untuk pendalaman tentang organisasi dan pembinaan organisasi kemasyarakatan sesuai Permendagri No. 32 Tahun 2011 tentang pedoman pemberian hibah dan bantuan sosial yang bersumber dari APBD yang menghadirkan narasumber Dandim 0210/TU Letkol Arm. Ezra Nathanael, Kapolres Tobasa  yang diwakili Kasat Ops Kompol B. Manurung dengan moderator  Plt.Kaban Kesbangpol Tobasa  Drs. Jhon Mauritz Siagian.(BS02)