Senin, 16 September 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Kepala Kantor Imigrasi Polonia:Saya Heran Kenapa Pemko Medan Terima Pencari Suaka

Kepala Kantor Imigrasi Polonia:Saya Heran Kenapa Pemko Medan Terima Pencari Suaka

Selasa, 22 November 2016 21:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Walikota Medan saat mengunjungi Kantor Imigrasi.
Beritasumut.com-Kepala Kantor Imigrasi Polonia Haryanto mengharapkan agar Dinas Perhubungan, baik dari jalur darat, laut dan udara memperketat seleksi terkait data-data masuknya warga negara asing. "Australia saja bisa menghalau kok. Saya pribadi maunya mereka jangan masuk. Saya minta Dishub memeriksa penumpabg, agar warga asing tidak mudah masuk ke Medan," ujar saat temu pers di Kantor Walikota Medan, Selasa (22/11/2016). 
 
Haryanto menjelaskan, bila pencari suaka atau imigran itu ditolak oleh negara tujuan ketiga, maka UNHCR tak bisa memprosesnya kembali. Para pencari suaka akan dikembalikan ke negaranya jika sudah tidak terjadi konflik lagi. "Mungkin Myanmar belum dikembalikan, karena masih terjadi konflik," ucapnya.
 
Para pencari suaka, lanjutnya, datang ke Indonesia tanpa dokumen.Oleh sebab itu harus diawasi ketat. Berbeda dengan masyarakat Indonesia sendiri yang berpergian ke luar negeri harus diperiksa seluruh dokumennya. Apalagi, lanjutnya, di saat mereka berpergian di luar jam–jam tertentu dan juga berkendaraan.
 
“Mereka tidak boleh berkendaraan karena tidak punya SIM. Begitu berkeliaran pada jam–jam dilarang tentunya dilarang. Apabila ketahuan langsung kami amankan. Itupun hanya beberapa hari. Makanya, kalau ada yang nampak berkeliaran di atas jam 23.00 Wib laporkan sama kami,” terangnya.
 
Haryanto mencontohkan, jika ada pencari suaka yang meninggal, IOM dan UNHCR tidak ada yang mengatur masalah tersebut. Mau tidak mau terpaksa pihaknya yang menanganinya. Begitu juga sampai ada yang menghamili masyarakat setempat. “Makanya, saya heran kenapa Pemko Medan menerima keberadaan mereka,” pungkasnya. (BS03)
 
T#g:ImigranImigrasi PoloniaKepala Kantor Imigrasi PoloniaPemko Medanpencari suaka
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 hari lalu

    OJK RI Akan Gelar Islamic Banking Vaganza di Kota Medan

    Beritasumut.com-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) RI akan menggelar Islamic Banking Vaganza (IBV) di Kota Medan tepatnya di Plaza Medan Fair, Jalan Gato

  • 2 hari lalu

    Panitia Dies Natalis USU ke-67 Audiensi ke Pemko Medan

    Beritasumut.com-Wakil Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi menerima audiensi dari panitia Dies Natalis USU ke-67 tahun, di ruang Wakil Wali Ko

  • 2 hari lalu

    Pemko Medan Bersama Kodim 0201/BS dan Persit PD I/BB Berikan Pelayanan KB Gratis

    Beritasumut.com-Pemerintah Kota (Pemko) Medan, melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana bekerjasama dengan Kodim 0201/BS dan Pers

  • 4 hari lalu

    Walikota Medan Terima Kunjungan Tim Pembentukan Balai Diklat MA

    Beritasumut.com-Walikota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH menerima kunjungan silaturrahmi dari Tim Pembentukan Balai Diklat Mahkamah Agung (MA)

  • 5 hari lalu

    Wakil Walikota Berharap Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Jadi Agen Perubahan

    Beritasumut.com-Ratusan tokoh agama dan masyarakat perwakilan dari seluruh kecamatan di Kota Medan mengikuti Workshop Gerakan Nasional Revolusi Men

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.