Peristiwa

Kemendikbud Beri Pembekalan 297 Guru Bidang Studi yang Akan Ikuti OSN

Kemendikbud Beri Pembekalan 297 Guru Bidang Studi yang Akan Ikuti OSN
Beritasumut.com/Ilustrasi
Olimpiade Sains Nasional (OSN) 
Beritasumut.com-Kememdikbud selaku guru pembina yang akan mengintegrasikan dalam pembelajaran di sekolah memberikan pembekalan kepada 297 guru bidang studi yang diperlombakan pada ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SMA dari 33 kabupaten/kota se-Sumut.

"Dengan pembekalan tersebut kita persiapkan guru pembina OSN membimbing peserta didik supaya lebih termotivasi untuk ikuti seleksi ajang bergengsi ini, baik mulai dari tingkat sekolah, kabupaten dan kota, provinsi hingga nasional," kata Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Tinggi (Dikmenti) Disdiksu August Sinaga SPd SST MAP, Rabu (27/04/2016).

Kegiatan ini diharapkan agar guru pembina OSN yang terdiri dari mata pelajaran matematika, fisika, kimia, biologi, komputer, astronomi, kebumian, ekonomi dan geografi menjadikan pemenang OSN dapat merata di seluruh kabupaten/kota dan dapat memotivasi guru-guru lainnya dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).

"OSN jangan dijadikan barang asing, sehingga guru-guru dapat mengintegrasikannya dalam pembelajaran metode OSN teringrasi di dalam proses pembelajaran di sekolah. Sehingga guru dapat menerapkan Rencana Penyusunan Pembelajaran (RPP) di kelas," tambahnya.

Pada pembekalan yang berlangsung selama tiga hari di Hotel Grand Antares Medan, August berharap agar kegiatan ini terus berkelanjutan dua kali setahun dengan pelaksanaannya lebih lama. Karena melihat antusias peserta sangat tinggi mengikuti pelatihan ini, apalagi narasumber dari pembina OSN Pusat.

"Kita ingin agar guru pembina yang sudah dibekali ini tidak diganti dan diteruskan di program lanjutan. Sehingga nantinya diharapkan peserta OSN harus lebih kompetitif, jujur, berpikir kritis, mencintai Iptek dan mampu memecahkan masalah (problem solving) dalam proses pembelajaran di sekolahnya," kata August.

Narasumber di pelatihan ini antara lain Dr rer nat I Made Sulandra MSi (dosen bidang studi matematika dari Universitas Negeri Malang), Dr Yohannes Edi Gunanto (dosen bidang studi fisika dari UI), Dr Indra Wibowo (dosen bidang studi biologi-ITB), Dr Riwandi Sihombing (dosen bidang studi kimia-UI).Dicky Iranto (dosen bidang studi ekonomi-UI), Judhistira Aria Utama (dosen bidang studi astronomi-ITB), Anifuddin Aziz MKom (dosen bidang studi komputer-UGM), Drs Zadrach Ledoufij Dupe MSi (dosen bidang kebumian-ITB) dan Nurul Huda MEd (dosen bidang studi geografi-ITB). (BS02)