Peristiwa

Kemenag RI Terima Hibah Tanah Pembangunan Asrama Haji Medan

Kemenag RI Terima Hibah Tanah Pembangunan Asrama Haji Medan
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Menag Fachrul Razi menerima sertifikat hibah lahan seluas 7.500 m2 untuk Asrama Haji Medan yang baru dari Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah. Hibah diserahkan pada acara Tasyakuran Hari Amal Bakti ke-74 Kementerian Agama, di Asrama Haji Medan, akhir pekan kemarin.
 
Selain gedung asrama haji, pada lahan tersebut juga akan dibangun sarana pendukung pelaksanaan manasik haji dalam satu kawasan Islamic Center. "Di kawasan itu selain asrama, akan dibangun juga miniatur Madinah, miniatur Makkah dan fasilitas lain sebagai tempat manasik," jelas Gubernur Sumatera Utara, Edy Rachmayadi, dilansir dari Kemenag.go.id, Senin (06/01/2020).
 
Ditambahkan, pembangunan Asrama Haji Baru untuk mendekatkan Asrama dengan Bandara Kuala Namu. Jarak Bandara dengan Asrama sekitar 5 kilometer. "Asrama Haji lama akan kami serahkan ke Pemerintah Kota Medan untuk digunakan pihak lain," katanya.
 
Menag mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumatera Utara atas kepeduliannya pada pendidikan madrasan. "Mudah-mudahan layanan asrama haji ke depan semakin baik," kata Menag.
 
Ucapan yang sama disampaikan Menag Pemda Tapanuli Selatan yang telah menghibahkan tanah untuk pembangunan gedung dan madrasah. Dalam kesempatan tersebut, Menag juga melakukan penandatanganan prasasti pembangunan Balai Nikah dan Manasik Haji KUA yang dibiayai pembangunannya dari dana SBSN 2019.
 
Balai Nikah dan Manasik Haji yang diresmikan berada di:
Kec Tebing Syahbandar Kab. Serdang Bedagai.
Kec. Besitang, kab.Langkat
Kec. Stabat, Kab. Langkat
Kec. Barumun, Kab. Padang Lawas
Kec. Kotapinang, kab. Labuhan Batu Selatan
Kec. Kampung Rakyat, kab Labuhan Batu Selatan
Kec. Padang Bolak, kab. Padang Lawas Utara
Kec. Tanjung Tiram kab. Batu Bara
 
Selain itu juga ditandatangani prasasti peresmian pembangunan gedung asrama siswa MTsN 2 Medan, gedung Workshop Keterampilan MAN Pematang Siantar, Asrama Siswa Terpadu MAN 2 Padangsidempuan, dan gedung Pusat Layanan Kegiatan SiswaMAN Insan Cedikia Sumatera Utara. Diserahkan pula penghargaan untuk beberapa Bupati atas peran serta dan kontribusi mereka dalam mewujudkan kerukunan umat beragama dan pembangunan bidang keagamaan di Provinsi Sumut. (BS09)